Suasana pedestarian di kawasan Jalan Suroto, Kotabaru, Kota Yogyakarta. Medcom.id-Ahmad Mustaqim
Suasana pedestarian di kawasan Jalan Suroto, Kotabaru, Kota Yogyakarta. Medcom.id-Ahmad Mustaqim (Ahmad Mustaqim)

Fasilitas Disabilitas di Pedestarian Kotabaru Dicuri

pencurian disabilitas
Ahmad Mustaqim • 04 Januari 2019 12:05
Yogyakarta: Fasilitas untuk kelompok disabilitas di kawasan pedestrian guiding block dari logam di Jalan Suroto, Kotabaru, Kota Yogyakarta, dicuri. Kasus ini sempat menjadi gunjingan di dunia Maya.
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Gatot Saptadi mengaku sangat prihatin atas kejadian ini. Sebelum dicuri, fasilitas yang menempel lantai trotoar itu pernah dirusak dan telah diperbaiki.
 
Menurut dia, publik harusnya merawat fasilitas umum itu. "Cukup prihatin, kalau tidak dirawat ya sama saja," kata dia saat dihubungi, Jumat, 4 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Direktur Center for Improving Qualifed Acativity in Live of People with Disabilities (CIQAL) Nuning Suryatiningsih mengapresiasi langkah pemerintah memfasilitasi kelompok disabilitas. Ia menilai, pencurian itu harus jadi pertimbangan untuk memastikan keamanan fasilitas. Ia menduga hilangnya fasilitas itu karena motif ekonomi. "Itu kan harganya mahal" ungkapnya.
 
Ia menyebut pemberian fasilitas umum tak harus mahal. Menurut dia, fasilitas umum untuk disabilitas bisa lebih mementingkan fungsi dan efektivitas pemakaian.
 
"Sudah ada contohnya, seperti di Bantul, Kulon Progo, dan Sleman. Fasilitas umum ini yang penting bisa mendukung aktivitas kelompok disabilitas," kata dia.
 
Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta menyayangkan peristiwa itu. "Masyarakat harus lebih sadar dan bisa menjaga fasilitas umum yang diberikan pemerintah," ungkapnya.
 

 
 

(WAS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif