Proses pengerasan landasan pacu di area bandara NYIA sebelum pengaspalan pada Selasa, 8 Januari 2019. Medcom.id-Ahmad Mustaqim.
Proses pengerasan landasan pacu di area bandara NYIA sebelum pengaspalan pada Selasa, 8 Januari 2019. Medcom.id-Ahmad Mustaqim. (Ahmad Mustaqim)

Maskapai Internasional Mulai Mengantre di NYIA

bandara
Ahmad Mustaqim • 08 Januari 2019 18:31
Kulon Progo: Sejumlah maskapai penerbangan dari beberapa negara mulai menjajaki pendaratan ke Bandara Internasional Yogyakarta atau New Yogyakarta International Airport (NYIA).

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan, bandara yang berlokasi di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, ini ditarget beroperasi untuk penerbangan internasional mulai April 2019. 

"Ini masih dibicarakan," kata Pandu di Kulon Progo, Selasa, 8 Januari 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Pandu menjelaskan, sejumlah negara asal maskapai itu di antaranya Turki dan Thailand.
Menurut Pandu, maskapai rute penerbangan ke Singapura dan Malaysia telah mengisi daftar di NYIA.

Maskapai seperti Silk Air dan AirAsia yang selama ini beroperasi di Bandara Adisutjipto Yogyakarta nantinya akan beralih ke NYIA.

Ia juga menyebutkan, sebanyak lima jadwal penerbangan akan tercatat di NYIA pada April mendatang. Lalu, ada tiga penerbangan yang berstatus pending di Bandara Adisutjipto akan segera dialihkan ke Kulon Progo.

"Slot flight penerbangan (internasional) yang dipending di Bandara Adisutjipto ini rute Singapura dan Kuala Lumpur (Malaysia)," jelas Pandu.

Pandu mengatakan, operasional bandara NYIA memiliki kapasitas hingga 300 penerbangan per hari. Di sisi lain, akan ada sekitar 23 stand parkir untuk maskapai di NYIA.

"Jadi slot sangat memungkinkan untuk penerbangan internasional. Dibandingkan (bandara) Adisutjipto ada 11 parking stand dan sehari hanya 188 slot (penerbangan)," beber Pandu.

Direktur Teknik PT Angkasa Pura, Lukman F Laisa menambahkan, maskapai dari Indonesia rute penerbangan internasional juga sudah siap untuk beroperasi di NYIA.

"Garuda Indonesia siap (melakukan penerbangan setelah dibuka). Beberapa maskapai penerbangan internasional sudah siap juga," ungkap Lukman.


(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi