Sejumlah pekerja menanti rangkaian kendaraan Presiden Joko Widodo saat meninjau jalan tol Trans Jawa di Jawa Tengah, Kamis (20/12/2018). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari.
Sejumlah pekerja menanti rangkaian kendaraan Presiden Joko Widodo saat meninjau jalan tol Trans Jawa di Jawa Tengah, Kamis (20/12/2018). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari. (Ahmad Mustaqim)

Tol Trans-Jawa Diklaim Turunkan Jumlah Penumpang Maskapai

jalan tol
Ahmad Mustaqim • 26 Desember 2018 11:59
Yogyakarta: Operasional tol trans-Jawa diklaim mempengaruhi jumlah penumpang maskapai di bandara. Jalan tol di Pulau Jawa yang diresmikan pada pekan lalu itu diklaim menurunkan jumlah penumpang yang menggunakan pesawat.
 
"Saya mendapat laporan berpengaruh selama masa angkut libur Nataru (Natal dan tahun baru) ini, tapi tidak berpengaruh terhadap volume harian," ujar Komisaris PT Angkasa Pura I, Ali Mochtar Ngabalin di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Selasa malam, 25 Desember 2018.
 
Tol Trans-Jawa yang menghubungkan lima provinsi ini dibuka jelang libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Sejumlah tol digratiskan hingga akhir Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ngabalin menjelaskan, masyarakat sebagian memilih angkutan darat lewat jalur jalan tol trans-Jawa. Selain jalur baru, sebagian jalur tersebut juga masih bisa dilalui gratis pada libur akhir tahun ini. 
 
Sementara General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama mengatakan, pihaknya memperkirakan akan ada kenaikan penumpang sekitar 8,2 persen dibanding momen yang sama tahun lalu. Saat H-3 diperkirakan penumpang mencapai 28 ribu.
 
Namun penumpang yang menggunakan penerbangan lewat bandara Adisutjipto baru sebanyak 27.350 orang.
 
"Ada prediksi meleset dari perkiraan awal. Kami kira ada sejumlah faktor penyebabnya," ungkap Pandu.
 
Pandu mengatakan, sejumlah faktor turunnya jumlah penumpang maskapai penerbangan disebabkan di antaranya cuaca buruk atau faktor teknis. Menurut Pandu, akses jalur darat lewat tol juga diperkirakan mempengaruhi masyarakat. Sebab, perjalanan dari Surabaya menuju Yogyakarta bisa ditempuh dengan lama waktu empat jam.
 
"Barangkali secara tidak langsung memang ada pengaruhnya karena memang ada beberapa flight dari Surabaya mengalami penurunan jumlah, tapi tidak signifikan," jelas Pandu.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif