Wisatawan berada di kawasan wisata alam Puncak Suroloyo, Samigaluh, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Selasa (20/11/2018). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko.
Wisatawan berada di kawasan wisata alam Puncak Suroloyo, Samigaluh, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Selasa (20/11/2018). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko. (Ahmad Mustaqim)

Pesta Kopi di Puncak Suroloyo Saat Malam Tahun Baru

natal dan tahun baru
Ahmad Mustaqim • 21 Desember 2018 19:47
Kulon Progo: Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta yang belum ada agenda di malam tahun baru 2019 bisa mencoba datang ke Puncak Suroloyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di lokasi tersebut akan digelar pesta kopi malam tahun baru 2019 atau 31 Desember 2018 malam. 
 
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Niken Purbolaras mengatakan, puncak Suroloyo menjadi puncak tertinggi di bukit menoreh. Oleh sebagian kalangan, puncak Suroloyo disebut sebagai puncaknya para dewa.
 
"Di Puncak Suroloyo nanti akan ada pasar kopi. Kami akan sediakan 700 cup kopi secara gratis. 350 cup siang hari, dan 350 cup malam harinya," ujar Niken saat dihubungi Medcom.id, Jumat, 21 Desember 2018. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di wilayah tersebut menjadi salah satu daerah penghasil kopi lokal Kulon Progo. Masyarakat atau produsen kopi bisa sekaligus untuk berjualan kopi dalam acara itu.
 
"Mereka (masyarakat) bisa jual-beli kopi. Masyarakat bisa minum kopi bareng," jelas Niken. 
 
Di tempat itu pula, disediakan hiburan gojekan punakawan (tokoh dunia pewayangan beranggotakan Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong). Selain itu, ada pula sejumlah atraksi kesenian. 
 
Ia menambahkan, pemerintah berharap ada lebih dari 100 ribu wisatawan yang berlibur akhir tahun di Kulon Progo. Pemkab Kulon Progo lebih mengandalkan wisata alam untuk mendulang pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata. 
 
"Sampai sekarang kunjungan wisata di Kulon Progo hampir satu juta wisatawan. Harapan kami hingga akhir tahun bisa lebih dari satu juta," pungkas Niken.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi