Ilustrasi gelombang tinggi. (ANT/Budi Candra Setya)
Ilustrasi gelombang tinggi. (ANT/Budi Candra Setya) (Ahmad Mustaqim)

Nelayan Gunungkidul Rugi Akibat Gelombang Tinggi

cuaca buruk
Ahmad Mustaqim • 15 Juni 2019 13:12
Yogyakarta: Nelayan pesisir pantai selatan di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, merugi akibat gelombang tinggi. Selain tak bisa melaut, sejumlah peralatan pencari ikan rusak. 
 
Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I Gunungkidul, Sunu Handoko Bayu Sagara, menjelaskan para nelayan mayoritas tidak melaut akibat cuaca buruk di perairan. Kondisi ini sudah terjadi sejak Selasa, 11 Juni 2019. 
 
"Nelayan akan melaut kalau cuacanya sudah normal. Memang ada sebagian yang nekat melaut," kata Sunu saat dihubungi, Sabtu, 15 Juni 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menuturkan, gelombang tinggi telah merusak perangkat melaut nelayan. Sunu menyebut ada salah satu kapan milik warga Kecamatan Rongkop yang rusak akibat kondisi itu. 
 
Menurut dia, kapal tersebut sempat terhempas ombak dan membentur karang. Akibatnya, tubuh kapan mengalami retak dan bocor. "Tapi sudah ditarik untuk diperbaiki," imbuh dia. 
 
Ia mengingatkan para nelayan lebih mengutamakan keselamatan dengan menunda melaut. Ia juga menyarankan wisatawan tidak bermain jauh di pantai saat ombak dalam kondisi besar. 
 
Prakirawan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, Indah Retno Wulan, mengatakan cuaca yang saat ini terjadi di perairan selatan akibat tekanan udara yang signifikan. Tekanan udara ini terjadi di antara kawasan Australia dan Asia. 
 
"Kondisi ini mengakibatkan peningkatan kecepatan air di Samudera Hindia, termasuk selatan Yogyakarta. Kecamatan angin sekitar 50 hingga 61 kilometer per jam," ungkapnya. 
 
Dia melanjutkan, ketinggian ombak rata-rata di kisaran 2,5 hingga tiga meter atau lebih hingga sepekan ke depan. 
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif