Gubernur Ganjar dan Dirjen penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama meninjau kesiapan PPIH disela pelantikan PPIH Jateng. Foto: Medcom.id
Gubernur Ganjar dan Dirjen penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama meninjau kesiapan PPIH disela pelantikan PPIH Jateng. Foto: Medcom.id (Pythag Kurniati)

Jemaah Calon Haji Jateng Ditempatkan Satu Maktab

Haji 2019
Pythag Kurniati • 14 Juni 2019 20:03
Solo: Kabar baik bagi jemaah calon haji asal Jawa Tengah tahun 1440 H. Di tanah suci, mereka nantinya akan menginap di satu maktab atau pemondokan di Jarwal, yang dekat dengan Masjidil Haram.
 
Hal itu disampaikan Dirjen penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Nizar dalam pelantikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Jumat, 14 Juni 2019.
 
"Diputuskan maktab dibagi zonasi per wilayah. Untuk Jawa Tengah maktabnya di Jarwal," kata Nizar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pembagian zonasi ini merupakan inovasi yang dilakukan Kemenag untuk meningkatkan kenyamanan jemaah calon haji. Pada tahun sebelumnya, pemondokan dibagi berdasarkan undian kloter.
 
Nizar mengatakan. pembagian berdasarkan wilayah ini dapat mengurangi terjadinya masalah di lapangan. "Biasanya banyak yang tersasar, ketinggalan bus, bahkan lupa maktabnya apa, ini bisa diminimalkan," jelas dia.
 
Dia mengungkap, pemondokan hanya berjarak tak sampai dua kilometer dari Masjidil Haram. Calon haji dapat berjalan kaki untuk menuju Masjidil Haram.
 
Adapun peserta haji tahun ini berjumlah 231.000 orang. 30 ribu di antaranya berasal dari Jawa Tengah yang akan diberangkatkan dari Embarkasi Solo. Mereka terbagi dalam 96 kloter.
 
Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang hadir dalam pelantikan PPIH, mengapreasiasi inovasi yang dilakukan Kemenag. Masalah pemondokan menurutnya ialah hal yang krusial.
 
"Bertamu di Tanah Suci biar benar-benar bisa khusyuk, minimal bisa membuat saudara kita ayem, bisa ngumpul," ujarnya.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif