Peserta mengerjakan soal saat mengikuti tes Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Foto: Antara/Ampelsa
Peserta mengerjakan soal saat mengikuti tes Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Foto: Antara/Ampelsa (Patricia Vicka)

CCTV Awasi Ujian SBMPTN 2018 di Yogyakarta

snmptn
Patricia Vicka • 25 April 2018 12:49
Yogyakarta: Panitia Lokal (Panlok) 46 Yogyakarta Saringan Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan SNMPTN akan memasang CCTV di sejumlah lokasi ujian. CCTV dipasang guna menghindari kecurangan dan  kehadiran joki saat tes berlangsung.
 
Panlok 46 telah membentuk tim khusus untuk mengatasi kecurangan dalam proses pelaksanaan SBMPTN. Salah satu tugas tim adalah menjaga supaya tidak ada kebocoran soal.
 
"Tim memastikan tidak ada joki yang masuk ke ruangan ujian. Juga memantau tidak ada peserta yang mencontek di dalam ruangan ujian,” Ketua Panlok 46 Margana saat konfrensi pers SBMPTN di Yogyakarta, Selasa, 24 April 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tim bekerja sama dengan aparat untuk mengamankan soal sejak dalam percetakan hingga tiba di lokasi ujian. Soal dibagikan bersifat acak untuk peserta. Urutan soal setiap siswa yang bersebelahan dipastikan berbeda.
 
"Kami melarang peserta membawa telepon ke dalam kelas. Rencananya, juga mau ada pengacak sinyal selama ujian berlangsung," kata pria yang menjabat sebagai Wakil Rektor 1 Universitas Negeri Yogyakarta ini.
 
Ia juga mengimbau orang tua murid untuk tidak percaya penawaran jasa joki atau pihak-pihak  yang menjanjikan peserta diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Orangtua diminta melapor ke panitia jika menemukan hal tersebut.
 
"Beberapa tahun lalu ada kejadian di UGM. Orangtua ketipu sama calo. Ada calo yang mengaku sebagai dosen dan menjanjikan bisa memasukan peserta ke PTN asalkan membayar uang ratusan juta. Setelah dibayar ternyata bohong,” pungkasnya.
 
Ujian SBMPTN akan diselenggarakan pada 8 Mei 2018 di lima PTN yakni UGM, UNY, UIN, UPN, dan ISI. Tes dikerjakan dalam bentuk tertulis dan berbasis komputer.
 
Panitia memperkirakan ujian SBMPTN akan diikuti oleh 42 ribu peserta. Alokasi daya tampung kursi SBMPTN di lima PTN 2018 adalah sebanyak 6.644 orang.
 
Pendaftaran tes SBMPTN sudah dimulai sejak 5 April hingga 27 April 2018. Pengumuman hasil SBMPTN akan berlangsung pada 3 Juli 2018.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif