Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id. (Ahmad Mustaqim)

Target Partisipasi Pemilih di DIY Diyakini Tercapai

kampanye pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Ahmad Mustaqim • 19 April 2019 19:14
Yogyakarta: Komisi Pemilihan Umum optimistis target partisipasi pemilih di Pemilu 2019 bisa tercapai di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Antusiasme pemilih untuk datang ke TPS menjadi salah satu tolok ukur. 
 
"Melihat antusiasme Insyaallah sampai. Cukup menggembirakan. Saya rasa Insyaallah (target) tercapai," ujar Ketua Divisi Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY, Wawan Budianto saat dihubungi Medcom.id pada Jumat, 19 April 2019. 
 
Target partisipasi pemilih KPU DIY sebanyak 82 persen. Angka ini lebih besar dibanding target presentasi nasional. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski demikian, ia mengatakan masih menunggu proses scanning dan unggah data di situs KPU atau hasil rekap manual. "Rekap manual baru mulai di tingkat kecamatan atau PPK. Butuh waktu 10-11 hari ke depan," kata mantan Ketua KPU Kota Yogyakarta ini. 
 
Dihubungi terpisah, Ketua KPU Sleman, Trapsi Hariyadi juga meyakini target partisipasi pemilih juga bisa tercapai di Sleman. Ia pun mengatakan rekapitulasi masih dilakukan secara berjenjang. 
 
"Sehingga sampai detik ini juga belum bisa diketahui hasil pemilu karena proses rekapitulasi masih berjalan di tingkat kecamatan," ungkapnya. 
 
Target partisipasi pemilih KPU Sleman sebesar 82.5 persen. Angka ini dianggap realistis melihat antusiasme pemilih untuk datang menggunakan hak pilih ke TPS. 
 
Setidaknya, banyak pemegang blanko pemilih tambahan atau A5 yang antre ke TPS. Pemilih tambahan ini didominasi mahasiswa rantau dari berbagai perguruan tinggi di Sleman. "Semoga target tersebut terlampaui," ucapnya. 
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif