Dokumentasi pengukuhan kepala desa di Brebes, Jateng, Medcom.id - Kuntoro Tayubi
Dokumentasi pengukuhan kepala desa di Brebes, Jateng, Medcom.id - Kuntoro Tayubi (Kuntoro Tayubi)

Gaji Perangkat Desa Lebih Besar dari PNS Golongan II A

dana desa
Kuntoro Tayubi • 16 Januari 2019 18:48
Brebes: Beberapa perangkat desa di Brebes, Jawa Tengah, mendapat gaji di atas penghasilan aparatur sipil negara (ASN) Golongan II A. Namun tak semua perangkat desa mendapatkan hak yang sama.
 
Khamim, Sekretaris Umum Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Brebes, mengatakan gaji perangkat desa di kabupaten tersebut sudah lebih baik. Kisarannya Rp2 juta hingga Rp2,5 juta per bulan.
 
Jumlah perangkat desa di Brebes sebanyak 3.150 orang. Mereka bertugas di 297 desa/kelurahan di Brebes.
 
"Jadi kalau gaji Golongan II A ASN Rp1.926.000, maka gaji perangkat desa di Brebes sudah bagus karena di atas kisaran Golongan II A," ujar Khamim di Balai Desa Sitanggal, Kecamatan Larangan, Brebes, Rabu, 16 Januari 2019.
 
Gaji Rp2 juta untuk pejabat di kepala urusan, kepala seksi, dan kepala dusun. Sedangkan sekretaris desa mendapat gaji Rp2,5 juta.
 
Sumber dana untuk pemberian gaji berasal dari alokasi dana desa (ADD). Hal itu diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2015 tentang Perubahan atas PP Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.
 
“Selain menerima penghasilan tetap, perangkat desa juga menerima tunjangan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa dan penerimaan lain yang sah,” ungkap Khamim.
 
Namun demikian, lanjut dia, masih ada 40 perangkat desa di Kabupaten Brebes yang belum mendapatkan penghasilan tetap (Siltap). Mereka hanya mendapatkan honor dari hasil pengelolaan bengkok. Rata rata mereka sudah mengabdi hingga lima tahun.
 
40 perangkat desa yang tidak mendapatkan Siltap di antaranya disebabkan karena proses pengangkatannya tidak sesuai prosedur yang ditetapkan pemerintah daerah.
 
“Mereka diangkat oleh kepala desanya, namun pemerintah kabupaten saat itu belum membuka proses perekrutan perangkat desa. Sehingga para perangkat desa tersebut tidak terdaftar dalam Siltap,” pungkasnya.
 
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif