Bermalam di Pulau Demi Selamatkan Penyu
Matobiin, Nelayan pencari telur penyu di Jepara, Jawa Tengah. Medcom.id/Rhobi Shani
Jepara: Sebagai nelayan, Matobiin tidak hanya pandai mencari ikan di tengah laut. Tapi juga pandai menemukan sarang telur penyu.

Matobiin mencari telur penyu pada musim bertelur penyu sekitar bulan Agustus hingga Maret. Telur penyu diselamatkan dari hewan predator seperti biawak atau manusia.

Telur penyu kemudian dibawa ke pusat penetasan semi alami telur penyu di Legon Jaten Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.


Pada musim penyu bertelur, Matobiin dua hari sekali mengambil dua ratus lebih telur penyu. Telur penyu itu dia dapat dari pulau-pulau tak berpenghuni di Kepulauan Karimunjawa, seperti Pulau Bengkuang dan Pulau Tengah.

"Saya berangkat pagi mencari ikan dulu, terus sore ke pulau-pulau mencari telur penyu. Kalau menemukan jejak kaki penyu naik dan turun, berarti di situ ada sarang telur. Terus malamnya saya tunggui," ujar Matobiin usai menyerahkan telur-telur penyu hasil pencariannya.



Matobiin bisa bermalam di pulau tanpa penghuni. Sebab, dia harus berpacu dengan waktu agar telur penyu selamat dari predator dan nelayan.

"Setelah penyu bertelur terus kembali ke laut langsung saya ambil. Kalau langsung diambil untuk dipindahkan peluang telur dapat menetas sangat besar," beber Matobiin.

Matobiin perlu berhati-hati saat mengambil telur penyu agar telur tidak rusak. Dia mengangkat telur beserta pasir tempat telur terletak.

Telur kemudian dimasukkan ke ember besar yang sudah dia siapkan. Ember berisi telur penyu juga tidak boleh terkena banyak goncangan saat di atas kapal.

"Telur di satu sarang saya tempatkan di dua ember. Satu sarang bisa berisi 100 lebih telur. Tapi kalau penyu hijau, dalam satu sarang jumlah telurnya biasanya tidak sampai 100 butir," ungkap Matobiin.

Dia akan kembali lagi ke sarang yang sama dua hari kemudian. Sebab, dalam waktu tersebut penyu akan kembali ke sarangnya untuk kembali bertelur.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id