Foto ilustrasi. (Ant/Lucky R)
Foto ilustrasi. (Ant/Lucky R) (Rhobi Shani)

12 Warga Asing Diusir dari Jepara

spt pajak izin tinggal wna
Rhobi Shani • 29 Maret 2017 15:43
medcom.id, Jepara: Sebanyak 12 warga asing diusir dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Mereka dipulangkan paksa ke negara asal lantaran menyalahi izin tinggal serta tak membayar pajak sesuai ketentuan.
 
"Sudah 12 yang kami deportasi. Saat ini masih ada dua yang sedang dalam pemeriksaan," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Pati Is Edy Ekoputranto, Rabu 29 Maret 2017.
 
Imigrasi Kelas II Pati mengandeng Direktorat Jenderal Pajak setempat untuk masuk dalam tim pengawasan orang asing (Tipora). Sebab, kata Edy, kebanyakan dari warga asing tak hanya bermasalah dengan izin tinggal, tapi juga malas membayar pajak.
 
“Itu sebabnya KPP Pratama Jepara kami masukkan dalam Tipora. Jika ada WNA yang tidak taat pajak dan berdasarkan rekomendasi dari kantor pajak pasti akan kami tindak,” beber Edy.
 
Menurut Edy, penindakan keimigrasian terhadap WNA yang tak taat pajak ditegakkan agar iklim bisnis kondusif. Serta, target perolehan perpajakan bisa tercapai secara optimal.
 
Baca: Baru 11 Persen WNA di Jepara Ikut Amnesti Pajak
 
Kepala KPP Pratama Jepara Endaryono mengatakan, WNA yang memiliki usaha di Jepara wajib membayar pajak. Saat ini, ada sekitar 300 WNA memiliki usaha di Kabupaten Jepara. Dari jumlah itu, baru 11 persen WNA di Jepara yang mengikuti program tax amnesty.
 
“Yang sudah ikut amnesty, rata-rata WNA dari Taiwan,” kata Endaryono.
 
Setelah tergabung di Timpora, Endaryono berharap, perolehan pajak dari WNA di Kabupaten Jepara dapat meningkat. Data ketaatan membayar pajak WNA di Jepara, akan diserahkan pihaknya ke Kantor Imigrasi Kelas II Pati. Selanjutnya, WNA yang tak taat pajak agar ditindak sesuai ketentuan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif