Para mantan pengikut Gafatar di lokasi penampungan. Foto: Antara/Risyal
Para mantan pengikut Gafatar di lokasi penampungan. Foto: Antara/Risyal (Ahmad Mustaqim)

Tak Ada Tanah Gratis untuk Eks Pengikut Gafatar

gafatar
Ahmad Mustaqim • 25 Januari 2016 20:53
medcom.id, Yogyakarta: Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menegaskan tak akan menyediakan lahan pertanian gratis bagi mantan pengikut Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) untuk mengganti tanah yang mereka tinggalkan di Kalimantan Barat.
 
"Kalau ada yang dapat tanah dan ada yang tidak, nanti bisa menimbulkan kecemburuan sosial," kata Sultan usai rapat koordinasi di Gedung Pracimosono, Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin (25/1/2016).
 
Meski begitu, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta telah menyiapkan sejumlah hal untuk mereka. Setidaknya, ada sebanyak 338 warga DIY bekas anggota Gafatar yang dipulangkan dari Kalimantan dan sementara ditampung di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Rencana hari Kamis nanti kita jemput. Usai dijemput, ditampung di Youth Center selama tiga hari," ujar Asisten 1 Sekda DIY, Sulistyo.
 
Gedung Youth Center di Tlogoadi, Mlati, Sleman ini sejauh ini telah dilakukan sejumlah persiapan. Nantinya, sesampainya di gedung itu, mereka akan dikarantina untuk sementara.
 
Di samping itu, warga bekas anggota Gafatar juga akan diberikan Pembinaan oleh MUI dan psikolog. "Bentuknya nanti seperti trauma hilling," kata Sulistyo.
 
Selama di Youth Center, mereka tidak diperkenankan menemui orang tanpa identitas jelas dan izin petugas. Keluarga yang ingin menjenguk, kata dia, harus minta izin dengan petugas.
 
Warga eks pengikut Gafatar diperkirakan hanya tiga hari ditampung di Youth Center. Setelah itu, mereka kemudian diserahkan ke pemerintah kabupaten atau kota. "Rencananya kabupaten/kota akan mengadakan kegiatan masing-masing. Materinya sama tapi pendekatannya beda, nanti sesuai situasi dan kondisi," kata dia.
 

(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif