Terdakwa Zen Effendi, 46, mendengarkan putusan di Pengadilan Negeri Brebes. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi
Terdakwa Zen Effendi, 46, mendengarkan putusan di Pengadilan Negeri Brebes. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi (Kuntoro Tayubi)

Penghina Ketua MUI Brebes Divonis 7 Bulan Penjara

pengadilan
Kuntoro Tayubi • 20 Januari 2016 21:59
medcom.id, Brebes: Terdakwa kasus penghinaan kiai, Zen Effendi, 46, divonis tujuh bulan penjara oleh majelis hakim dalam sidang dengan agenda pembacaan putusan yang digelar di Pengadilan Negeri Brebes, Rabu, 20 Januari. Vonis hakim terhadap terdakwa ini lebih ringan dua bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut selama sembilan bulan penjara.
 
“Yang memberatkan terdakwa karena perbuatannya sudah mengarah kepada unsur SARA dan menyebabkan keresahan di masyarakat secara meluas. Atas perbuatannya tersebut, terdakwa divonis kurungan penjara selama tujuh bulan dan membayar biaya perkara Rp2 ribu,” kata Ketua Majelis Hakim, Oki Setiawan SH  saat membacakan vonis.
 
Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum, Ardiansyah menyatakan pikir-pikir terhadap putusan itu. Hal senada juga disampaikan kuasa hukum.
 
Ketua MUI Kabupaten Brebes, K.H. Said Basalamah mengajukan Zen Effendi ke Pengadilan Negeri Brebes karena terdakwa telah berbuat onar dengan membuat rekayasa pengaduan palsu dan selanjutnya menghujat para ulama yang mereka anggap berpihak kepada Astidah.
 
“Hj Astidah merupakan ahli waris dari almarhumah Hj Siti Ariyah dan terus-menerus dipermainkan dan sampai hampir satu tahun masih tetap saja tidak mau memenuhi permintaan ahli waris almarhumah. Maka, Astidah meminta bantuan MUI Kabupaten Brebes agar harta kekayaan/warisan almarhumah dapat segera dihisab dan wasiatnya dapat dilaksanakan,” ujar Said Basalamah.
 
Sidang mendapat perhatian dari santri Pondok Pesantren Darussalam, Jatibarang, Kabupaten Brebes, yang diasuh K.H. Said Basalamah. Terbukti, tiap sidang digelar, ratusan santri mendatangi PN Brebes. Hal serupa juga terjadi saat sidang putusan dengan didatangi ratusan santri dari Ketua MUI Kabupaten Brebes ini. Tidak itu saja, puluhan anggota Banser turut pula mengawal selama persidangan berlangsung.
 

(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif