Foto ilustrasi: pemugaran rumah tidak layak huni (RTLH) di Klaten, Jateng. (Media Indonesia/Djoko)
Foto ilustrasi: pemugaran rumah tidak layak huni (RTLH) di Klaten, Jateng. (Media Indonesia/Djoko) (Patricia Vicka)

DPRD Yogya Ngebet Pemda Anggarkan Rehabilitasi RTLH

rumah rusak
Patricia Vicka • 26 Oktober 2016 19:21
medcom.id, Yogyakarta: Sepanjang tahun ini, Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta dinilai belum merehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH). Legislator mendesak Pemda DIY mengalokasikan Rp24 miliar perbaikan RTLH pada RAPBD 2017.
 
Ketua Komisi C DPRD DIY Sutata menyebut, tahun ini Pemda DIY tidak melaksanakan program renovasi RTLH. Padahal, program itu telah dianggarkan melalui APBD 2016 sebesar Rp12 miliar.
 
"Kita minta APBD 2017 dianggarkan Rp24 miliar, itu termasuk menggantikan APBD 2016 Rp12 miliar yang sudah dianggarkan namun batal dilaksanakan," desaknya dalam Raker bersama Bappeda DIY dan instansi terkait di DPRD DIY, Rabu (26/10/2016).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Yogyakarta Perlu Waktu 20 Tahun untuk Perbaiki Rumah tak Layak Huni
 
Sutata menambahkan, meski kini wewenang penanganan RTLH bukan ranah Pemda DIY hal tersebut bisa disiasati. "Salah satu caranya penanganan ini bisa pakai pos anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) APBD DIY yang ditransfer ke kabupaten kota," jelasnya.
 
Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Bappeda DIY Ni Made Dwi Panti Indrayanti mengaku belum bisa memutuskan alokasikan anggaran untuk penanganan RTLH pada APBD 2017. Sebab kini kewenangan penanganan RTLH ada di pemerintah pusat. 
 
"Melalui mekanisme BKK juga sudah ada pergubnya. Peruntukan diperbolehkan untuk bantuan insfrastruktur perdesaan, jaringan listrik, prasarana dan sarana umum. Di dalam Pergub tidak ada peruntukan penanganan RTLH," tegasnya.
 
Hingga kini hanya tiga kabupaten yang menganggarkan perbaikan RTLH di APBD setempat. Ketiga daerah tersebut yakni Kabupaten Sleman, Kulon Progo dan Kota Yogyakarta. Sedangkan dua kabupaten yakni Bantul dan Gunungkidul tidak.
 
Baca: 20 Ribu RTLH di Bandung
 
Jumlah RTLH di DIY sampai saat ini tercatat 41.000 unit. Rinciannya, di Kabupaten Sleman masih terdapat 5.500 unit RTLH, Bantul (4.500 unit), Gunungkidul (25.600 unit), Kulon Progo (12.201 unit) dan Kota Yogyakarta (3.003 unit). Jumlah itu bisa bertambah karena pendataan belum kelar.
 

(SAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif