Cuplikan layar tampilan laman Polresjogja.com saat dikuasai peretas (cracker), Senin (18/7/2016). (Metrotvnews.com)
Cuplikan layar tampilan laman Polresjogja.com saat dikuasai peretas (cracker), Senin (18/7/2016). (Metrotvnews.com) (Ahmad Mustaqim)

Polda DIY Belum Tahu Defacer Situs Polisi

hacker
Ahmad Mustaqim • 18 Juli 2016 13:20
medcom.id, Yogyakarta: Polda Daerah Istimewa Yogyakarta tengah memburu peretas situs instansi kepolisian. Ketiga situs kepolisian yang sempat diretas pada Senin (18/7/2016), yakni tribratanewsjogja.com, polresjogja.com, dan jogja.polri.go.id.
 
Kepala Bidang Humas Polda DIY, AKBP Anny Pudjiastuti menuturkan tiga situs tersebut diretas selama kurang lebih empat jam. "Masih kami lakukan penyelidikan," kata Anny.
 
Anny mengatakan, instansinya bakal membentuk tim khusus untuk menangani kasus itu. Tim tersebut bakal mencari siapa pelaku yang meretas tiga situs kepolisian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Masih kita lacak terlebih dahulu, belum diketahui yang melakukan," ungkapnya.
 
Ia menambahkan, pengelola situs kemudian melakukan pengecekan dan perbaikan setelah mengetahui diretas. Menurutnya, perbaikan situs tersebut dilakukan humas kepolisian dan sudah bisa diakses.
 
Situs yang telah bisa diakses yakni jogja.polri.go.id dan tribratanewsjogja.com. Sedangkan, situs polresjogja.com masih belum bisa diakses. Para peretas jenis defacer ini mengubah tampilan laman situs-situs tersebut.
 
Penelusuran Metrotvnews.com, tiga situs itu mulai tak bisa diakses sejak dini hari tadi. Situs tersebut berubah tampilan hanya warna hitam disertai dengan tulisan berbahasa Inggris.
 
"Why So Serious?, Introduce a little anarchy, and everything becomes CHAOS,  Great You've shown us how justice works, lalu Improve your brutality Sir, dan We'reNotSeparatist" demikian tulis pesan peretas. Uniknya, para defacer itu juga meninggalkan jejak atau sandi mereka.
 

(SAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif