Danlanud Adi Soemarmo, Kolonel Pnb Mohammad Tonny Harjono, Kamis, 2 Maret 2017, MTVN - Pythag Kurniati
Danlanud Adi Soemarmo, Kolonel Pnb Mohammad Tonny Harjono, Kamis, 2 Maret 2017, MTVN - Pythag Kurniati (Pythag Kurniati)

Pesawat Tergelincir karena Ban Bermasalah saat hendak Terbang

pesawat tergelincir
Pythag Kurniati • 02 Maret 2017 14:31
medcom.id, Solo: Pesawat latih dasar milik TNI Angkatan Udara mengalami masalah saat hendak terbang dari Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah. Saat hendak terbang atau take off, ban pesawat terlipat ke dalam. Kondisi itu dikenal dengan nosewheel collapse.
 
Komandan Pangkalan TNI AU (Danlanud) Adi Soemarmo Kolonel Pnb Mohamad Tonny Harjono menerangkan peristiwa itu terjadi sekira pukul 08.50 WIB, Kamis 2 Maret 2017. Pesawat baru saja berlatih take off dan landing.
 
Baca: Pesawat Latih TNI AU Tergelincir, Bandara Adi Soemarmo Ditutup Sementara

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pilot berlatih menggunakan runway (landasan udara) 26," kata Tonny di Lanud Adi Soemarmo.
 
Pilot pesawat yaitu Mayor Pnb Yulianto melaksanakan simulasi take off dan landing. Untuk kelima kalinya, pesawat bersiap take off. Ketika melintasi landasan, ban depan terlipat ke dalam sehingga pesawat tergelincir.
 
Pesawat Tergelincir karena Ban Bermasalah saat hendak Terbang
(Suasana di Bandara Adi Soemarmo Solo, MTVN - Pythag Kurniati)
 
"Pesawat rusak ringan namun tak berdampak pada sistem engine," jelas Danlanud.
 
Mayor Pnb Yulianto bersama siswanya, Letda Lek Andika Relangga Bima Yogatama berada dalam pesawat. Keduanya selamat dan tak mengalami luka.
 
“Hanya saja pesawat memang sedikit lecet-lecet di bagian depan. Tapi untuk perbaikan pesawat, saya kira hanya butuh waktu singkat,” terang dia.
 
Danlanud juga meminta maaf atas kejadian tersebut. Sebab kejadian itu mengakibatkan penerbangan di Bandara Adi Soemarmo Solo terganggu.
 
Staf Humas Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo, Dian Ratih Ristauri, mengaku kejadian itu mengganggu jadwal penerbangan mulai dari 08.50 sampai dengan 10.00 WIB. Beberapa pesawat tertunda untuk terbang maupun mendarat.
 

 
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif