Ilustrasi.  Warga mengambil air dari mata air endapan yang mulai mengering di Desa Glagah, Tangen, Sragen, Jawa Tengah. (ANT/Maulana Surya )
Ilustrasi. Warga mengambil air dari mata air endapan yang mulai mengering di Desa Glagah, Tangen, Sragen, Jawa Tengah. (ANT/Maulana Surya ) ()

Jateng Petakan Daerah Terdampak Kekeringan

kemarau dan kekeringan
02 Juli 2019 08:08
Semarang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan dinas terkait di Jawa Tengah, diminta untuk memetakan daerah rawan kekeringan selama musim kemarau. Sehingg antisipasi dampak kekeringan bisa dilakukan. 
 
"Petakan daerah terdampak kekeringan, daerah yang kekurangan air, petakan gangguan kesehatan, dan petakan potensi kebakaran hutan selama musim kemarau sehingga kita semua bisa mengantisipasi dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, melansir Antara, Selasa, 2 Juli 2019. 
 
Ganjar mengungkap, dari hasil identifikasi pihaknya terdapat 1.319 desa di 287 kecamatan di 31 kabupaten/kota di Jateng rawan mengalami kekeringan. Data itu disampaikan usai membuka dan memberi pengarahan dalam Rapat Koordinasi Penanganan dan Antisipasi Dampak Kekeringan di Provinsi Jawa Tengah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia melanjutkan, sebanyak 2.056.287 warga berisiko menghadapi dampak kekeringan seperti kesulitan air bersih. Terlebih, musim kemarau akan mencapai puncaknya pada Agustus hingga November 2019. 
 
"Petanya sudah jelas karena setiap tahun terjadi sebenarnya, tinggal pola antisipasi sehingga tidak menjadi hal baru, tapi kita peringatkan," ujarnya.
 
Ganjar menerangkan, Pemprov Jateng sudah meminta jajaran BPBD  untuk menyiapkan 1.000 tangki air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga di daerah terdampak kekeringan. 
 
"BPBD saya minta untuk memimpin ini dengan didukung dinas-dinas terkait seperti Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, PMI, Tagana, BUMN-BUMD, dan TNI-Polri," tandas Ganjar. 
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif