Puluhan PSK mengantre pemeriksaan servisitis di lokalisasi Gambilangu, Kaliwungu, Kendal, Jateng. (Metrotvnews.com/Iswahyudi)
Puluhan PSK mengantre pemeriksaan servisitis di lokalisasi Gambilangu, Kaliwungu, Kendal, Jateng. (Metrotvnews.com/Iswahyudi) (Iswahyudi)

Penyakit Servisitis Banyak Dijumpai di Lokalisasi Gambilangu

kanker serviks
Iswahyudi • 22 Maret 2017 17:48
medcom.id, Kendal: Sekitar 50 pekerja seks komersial (PSK) menjalani pemeriksaan screening atau uji tapis di Balai Pertemuan Kompleks Lokalisasi Gambilangu, Sumberejo, Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Rabu, 22 maret 2017.
 
Dokter Puskesmas Kaliwungu, Dr Enkris menjelaskan, penyakit jamur kelamin dan servisitis atau peradangan pada serviks (leher rahim) paling banyak ditemukan. Bila tak ditangani dengan benar, servisitis bisa berujung pada kanker leher rahim.
 
Pemeriksan screening terdiri dari konsultasi, pemeriksaan dalam, terapi juga pemberian kondom. "Jika ditemukan ada tanda-tanda yang mengarah ke penyakit seks menular, kami akan lakukan visited, " jelas Engkris.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Engkris tidak menampik pernah menemukan penghuni resos yang terjangkit penyakit menular. Namun dia enggan membeberkan lebih detail.
 
Pihaknya pun akan terus memantau dan memeriksa PSK Gambilangu untuk mencegah penyakit seks menular tiap seminggu sekali.
 
"Kami tidak jamin bisa bersih jika masih melakukan hubungan seksual berganti pasangan. Namun sebisa mungkin antisipasi," katanya.
 
Koordinator Resos Gambilangu Slamet Riyadi mengungkapkan, pemeriksaan kesehatan bagi penghuni lokalisasi tersebut rutin dilakukan tiap pekan. "Ada 200 an penghuni resos yang melakukan pemeriksaan secara bertahap tiap minggu, " kata Slamet.
 

(SAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif