Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIY Aan Junghana usai dilantik di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Senin (24/10/2016). (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)
Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIY Aan Junghana usai dilantik di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Senin (24/10/2016). (Metrotvnews.com/Patricia Vicka) (Patricia Vicka)

Baru Dilantik, Kepala BKKBN DIY Janji Tekan Angka Kematian Ibu

keluarga berencana
Patricia Vicka • 24 Oktober 2016 18:55
medcom.id, Yogyakarta: Aan Junghana resmi dilantik sebagai Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta. Aan dilantik di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Senin (24/10/2016), menggantikan Evi Rahmawati. 
 
Aan berjanji akan menurunkan angka kematian ibu. Pasalnya, angka kematian ibu di DIY masih mengkhawatirkan.
 
Berdasar data Dinas Kesehatan DIY, terdapat 46 kasus angka kematian ibu di tahun 2013. Pada 2014, turun jadi 40 kasus kematian ibu melahirkan. Pada Januari hingga awal Desember 2015 ada 30 kasus. Jumlah ini jauh dari target Audit Maternal Preinatal Provinsim, sebesar 30 kasus. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknya akan bersinergi dengan dinas terkait. Salah satunya Kementerian Agama untuk mencegah pernikahan dini. "Mencegah mereka menikah muda dan melahirkan di usia dini," ujarnya usai dilantik.
 
Selain itu pihaknya akan terus melakukan sosialisasi program keluarga berencana pada pasutri muda. Tujuannya agar mereka menunda memiliki anak di usia kurang dari 20 tahun. 
 
Namun Aan belum bisa menyebut angka pasti target penurunan angka kematian ibu. Dia mengaku akan mempelajari terlebih dahulu faktor penyebab tingginya angka kematian ibu.
 
Dalam kata sambutan Gubernur DIY, yang dibacakan Wakil Gubenur Sri Paduka Paku alam X, berharap agar Kepala BKKBN baru bisa melanjutkan dan meningkatkan program kerja yang telah dirancang pendahulunya. Juga mensukseskan program Nawacita yang diusung Presiden Jokowi.
 

(SAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif