Personel Polresta Solo mensterilkan gereja untuk menjamin kenyamanan jemaat. (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)
Personel Polresta Solo mensterilkan gereja untuk menjamin kenyamanan jemaat. (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati) (Pythag Kurniati)

Polisi Menyisir Sejumlah Gereja di Solo

peringatan paskah
Pythag Kurniati • 13 April 2017 16:40
medcom.id, Solo: Jelang ibadah Paskah 2017, anggota kepolisian melakukan sterilisasi sejumlah gereja di Kota Solo, Jawa Tengah. Anggota Polresta Solo dibantu personel brimob dan gegana menyisir lima gereja, yakni Gereja Santo Paulus Kleco, Gereja Santo Petrus Gendengan, Gereja Santo Antonius Purbayan, dan Santa Perawan Maria Regina Purbowardayan.
 
Puluhan personel melakukan sterilisasi dengan menggunakan alat deteksi logam dan anjing pelacak. Mereka menyusur setiap sudut-sudut gereja.
 
Kapolresta Solo AKBP Ribut Hari Wibawa menjelaskan, sterilisasi dan pengamanan dilakukan untuk memberi jaminan keamanan bagi umat yang akan melaksanakan ibadah Paskah,

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami tempatkan anggota yang didukung brimob di gereja-gereja dan tempat lainnya sehingga Solo aman, nyaman untuk semuanya,” tutur Ribut, Kamis, 13 April 2017.
 
Jumlah personel pengamanan yang diterjunkan di gereja, lanjutnya, disesuaikan dengan banyaknya jemaat. “Di samping akan diamankan petugas, kami juga mengimbau gereja membentuk tim pengamanan sendiri. Karena mereka lebih mengetahui mana jemaat gereja atau tidak,” kata dia.
 
Romo Kevikepan Solo, Antonius Budi Wihandono mengapresiasi dan berterimakasih pada aparat keamanan. Ia menambahkan, pengamanan ini memberikan jaminan umat beribadah dengan nyaman dan tenang.
 
Pemimpin paroki di wilayah Eks Karesidenan Surakarta itu menuturkan, Paskah tahun ini mengusung tema Aku Pelopor Peradaban Kasih. Melalui tema tersebut, diharapkan jemaatnya bisa menjadi pelopor dengan mengedepankan kasih tanpa membedakan suku, ras serta agama apapun.
 

(SAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif