Ilustrasi. Foto: Antara/Eric Ireng
Ilustrasi. Foto: Antara/Eric Ireng (Ahmad Mustaqim)

Bocah Sleman Temukan 3 Arca Ratusan Tahun

benda purbakala
Ahmad Mustaqim • 27 Desember 2016 20:05
medcom.id, Sleman: Warga Dusun Klangkepan, Margoluwih, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman, menemukan tiga arca di tengah sungai. Arca yang ditaksir berusia ratusan tahun itu ditemukan sejumlah anak yang sedang mandi di sungai pada 23 Desember. 
 
Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan, dan Pemanfaatan, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta, Wahyu Astuti mengatakan tiga arca yang ditemukan itu bernama Agastya, Durga, dan Nandiswara.
 
"Yang Nandiswara ini masih kemungkinan namanya," kata Wahyu melalui sambungan telepon, Selasa (27/12/2016). 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selepas penemuan arca, kata Wahyu, penduduk setempat membawanya ke tepi sungai. Sehari berselang, BPCB mengecek kemudian membawanya ke kantor. Wahyu memperkirakan ketiga arca itu terbawa arus sungai. 
 
"Arca yang ditemukan warga ini diperkirakan dari abad IX atau X masehi, hampir sama dengan temuan yang ada di Candi Prambanan," kata dia. 
 
Arca Agastya, lanjut Wahyu, merupakan perwujudan Siwa sebagai mahaguru. Kemudian, arca Durga, atau Dewi Durga Mahisasuramardani memiliki kemiripan dengan arca Rara Jonggrang yang ada di Candi Pramabanan. Lalu, arca Namdiswara merupakan lembu atau sapi yang menjadi kendaraan Dewa Siwa. 
 
BPCB masih mendalami informasi soal penemuan tiga arca itu. Wahyu menyebut sejumlah benda purbakala kerap ditemukan di Kecamatan Seyegan. "Kami (BPCB Yogyakarta) memiliki lokasi penampung jika ada benda temuan," ujarnya. 
 
Kepala Polsek Seyegan, AKP Ngadiran, mengatakan arca yang ditemukan itu memiliki tinggi 90 sentimeter. Usai penemuan, polisi sempat memagari di sekitar lokasi penemuan. 
 
"Dari informasi warga, di sana (Margoluwih) disebut kampung candi karena beberapa kali ada penemuan benda purbakala," ucapnya.
 

(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif