Sebanyak 1.200 anak yatim dan kaum duafa menerima santunan dari Sido Muncul (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)
Sebanyak 1.200 anak yatim dan kaum duafa menerima santunan dari Sido Muncul (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba) (Gervin Nathaniel Purba)

Sido Muncul Resmikan Masjid dan Santuni 1.200 Yatim-Duafa

sido muncul
Gervin Nathaniel Purba • 25 Mei 2019 20:49
Semarang: Sido Muncul konsisten memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Pada momen Ramadan 2019, Sido Muncul memberikan santunan kepada seribu kaum duafa dan 200 anak yatim di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, senilai total Rp250 juta.
 
Santunan berupa uang tunai, paket sembako, dan produk-produk Sido Muncul. Santunan diserahkan secara simbolis oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat kepada Camat Bergas Tri Martono, disaksikan Kasdam Kodam IV/Diponegoro Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj, Komisaris Utama Sido Muncul Jonatha Sofjan Hidajat, dan Komisaris Sido Muncul Sigit Hartojo.
 
Salah satu dari penerima santunan ialah Saminah. Nenek berusia 67 tahun itu menerima santunan dari Sido Muncul senilai Rp100 ribu dan sembako. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Diakuinya, tahun ini merupakan kali ketiga ia mendapatkan santunan dari Sido Muncul. “Saya sudah dapat tiga kali,” ujar Saminah, ditemui di kawasan pabrik Sido Muncul, Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 24 Mei 2019.
 
Sido Muncul Resmikan Masjid dan Santuni 1.200 Yatim-Duafa
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)
 
Saminah bersyukur santunan tersebut bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Sehari-hari, perempuan asal Desa Diwa, Kecamatan Bregas, Semarang, itu hanya tinggal di rumah mengurusi cucu dan anak keponakan. Sementara, suaminya bekerja sebagai pemahat patung.
 
“Dalam sehari, (pendapatan suami) kisaran Rp80 ribu hingga Rp100 ribu per hari),” ujarnya. 
 
Anisa Linda Yuniarti, juga mendapatkan bantuan dari Sido Muncul. Linda, biasa dia disapa, merupakan gadis 13 tahun asal Panti Asuhan Daarul Mukhtar Al Islam. 
 
Sido Muncul Resmikan Masjid dan Santuni 1.200 Yatim-Duafa
Sebanyak 1.200 anak yatim dan kaum duafa menerima santunan dari Sido Muncul (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba) 
 
Linda senang mendapatkan bantuan dari Sido Muncul. "Saya akan pakai bantuan ini untuk kebutuhan Idulfitri," katanya. 
 

Peresmian Masjid Hidayat Sido Muncul

Bersamaan dengan pemberian santunan, Sido Muncul juga meresmikan Masjid Sido Muncul yang berlokasi di kawasan Pabrik Sido Muncul, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Masjid tersebut diresmikan oleh Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj.
 
Saat peresmian, Said Aqil ingin ada penambahan nama pada nama masjid. Dari sebelumnya bernama Masjid Sido Muncul, menjadi Masjid Hidayat Sido Muncul. Said mengagumi sosok Irwan Hidayat yang peduli pada kebutuhan beribadah umat Islam yang bekerja di pabrik Sido Muncul. 
 
 Sido Muncul Resmikan Masjid dan Santuni 1.200 Yatim-Duafa
Masjid Sido Muncul (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)
 
“Saya merasa bersyukur dan terharu karena Sido Muncul memperhatikan karyawan muslim dengan memberikan hadiah fasilitas ibadah yang sangat megah. Saya yakin masjid baru ini berguna bagi karyawan untuk melaksanakan ibadah karena lokasinya di tengah kawasan pabrik dan bersih,” kata Said, bangga. 
 
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat bersyukur bisa memberikan bantuan kepada masyarakat dan pada saat yang bersamaan mendirikan Masjid baru. Berbuat kebaikan terhadap sesama manusia merupakan amal ibadah untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.
 
Sido Muncul Resmikan Masjid dan Santuni 1.200 Yatim-Duafa
Peresmian Masjid Sido Muncul (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba) 
 
“Saya bersyukur karena tahun ini Sido Muncul dapat membagikan santunan bersamaan dengan peresmian masjid milik Sido Muncul,” kata Irawan.
 
Masjid Sido Muncul direncanakan pembangunannya sejak 2010, namun baru terealisasi sekarang karena keterbatasan lahan. Dengan luas 2.500 m2, masjid ini mampu menampung hingga 700 orang. 
 
Kehadiran masjid baru ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran karyawannya untuk rajin beribadah. Hal ini akan menumbuhkan iman dan menciptakan rasa saling mengasihi antar umat.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif