Kepala Pelaksana Harian BPBD Jateng Sarwa Pramana. (Metrotvnews.com/Dhana Kencana)
Kepala Pelaksana Harian BPBD Jateng Sarwa Pramana. (Metrotvnews.com/Dhana Kencana) (Dhana Kencana)

Warga Terdampak Tanah Bergerak Bakal dapat Rp35 Juta/KK

tanah ambles
Dhana Kencana • 28 Maret 2016 13:29
medcom.id, Semarang: Puluhan warga yang terimbas tanah bergerak di Desa Clapar, Banjarnegara, Jawa Tengah saat ini masih mengungsi. Mereka bakal mendapat bantuan senilai Rp35 juta per kepala keluarga (KK).
 
"Gubernur akan bantu Rp15 juta per KK. Juga BNPB (Badan Nasional Penaggulangan Bencana) Rp20 juta per KK," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Jateng Sarwa Pramana di Semarang, Senin (28/3/2016).
 
‎Selain dari Provinsi Jateng dan BNPB, bantuan juga akan dialokasikan dari APBD Kabupaten Banjarnegara. Warga terdampak tanah bergerak juga bakal direlokasi. Sebab, rumah tidak mungkin ditempati karena tanah terus bergerak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kontur tanah di lokasi, setiap dua jam bergerak terus dan tidak mungkin rumah ditempati lagi. Jembatan darurat saja selalu rusak karena bergerak terus," imbuh Sarwa.
 
Meski demikian, pemberian bantuan dan relokasi belum bisa dilakukan lantaran belum ada rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Rekomendasi tersebut berisi daerah mana saja yang direlokasi dan tempat relokasi.
 
Tercatat, di desa tersebut terdapat 64 kepala keluarga dengan 230 jiwa, terdiri dari anak-anak, balita, ibu hamil, serta manula.
 
"Dari Vulkanologi (PVMBG) dan ESDM Provinsi Jateng sudah di lapangan. Harapannya mereka bisa segera keluarkan rekomendasi apakah akan direlokasi. Kalau iya, kita akan segera eksekusi," terangnya.
 
Sarwa menambahkan, pada Minggu, 27 Maret 2016 terjadi lima kali pergerakan tanah yang cukup besar di lokasi. Kondisi tersebut membuat sejumlah relawan dan petugas di lapangan panik. Bahkan posko yang berada di lokasi harus digeser karena sangat membahayakan. ‎Sebab kontur tanah di desa tersebut sangat labil.
 

(SAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif