Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal. (Patricia Vicka)

Delapan Tokoh DIY Dapat Penghargaan Kependudukan dan Keluarga

penghargaan
Patricia Vicka • 10 Juli 2019 12:27
Yogyakarta: Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendapat delapan penghargaan Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (PKKBPK) saat peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXVI 2019 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.
 
Plt Kepala BKKBN Kanwil DIY, Rohdhiana Sumariati mengatakan penghargaan yang diterima adalah dua Satya Lancana Pembangunan (SP), 1 Satya Lancana Wira Karya (SWK), dan 1 Manggala Karya Kencana (MKK),
 
"Pemerintah memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas komitmen yang ditujukan bagi tokoh masyarakat yang telah berjasa memajukan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di DIY," kata Rohdhiana saat dikonfirmasi, Rabu, 10 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rohdhiana menjelaskan penghargaan ini adalah wujud nyata keberpihakan pemerintah terhadap perempuan, anak, dan pembangunan kualitas generasi muda.
 
Menurut Rohdhiana indikator penilaian meliputi aspek dukungan komitmen dan capaian program KKBPK, serta telah melalui proses peninjauan lapangan dari tim BKKBN.
 
Sementara Kepala BKKBN Hasto Wardoyo menjadi salah satu kepala daerah penerima penghargaan Satyalancana Pembangunan (SP). Penghargaan ini diberikan semasa Hasto menjabat sebagai bupati Kulonprogo.
 
"Beliau selama ini memberikan dukungan anggaran, pemenuhan sarana dan prasarana sehingga jumlah peserta KB aktif dan baru meningkat," ungkap Rohdhiana.
 
Tokoh lainnya adalah Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti. Ia menerima penghargaan SP atas usahanya mendirikan kampung KB, serta meningkatan alokasi APBD, dan pemberdayaan UPPKS dengan Program Gandeng Gendong.
 
Penyematan lencana Satyalancana Pembangunan (SP) dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dalam puncak acara Harganas 2019.
 
Sementara tokoh yang menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya (SWK) adalah Ketua TP PKK Kota Jogja, Tri Kirana Muslidatun. SWK merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi serta komitmen tinggi dalam menggerakan program KKBPK.
 
"Keberhasilan tersebut ditandai dimana masyarakat lebih cerdas untuk mengikuti program KB dan masyarakat sudah memahami bahwa KB bukanlah untuk menghambat atau membatasi kelahiran tapi untuk mengatur jumlah kelahiran," beber Rohdhiana
 
Bupati Bantul Suharsono turut menerima anugerah Manggala Karya Kencana (MKK) karena dinilai telah menunjukkan komitmen dan dukungan, serta berjasa dalam program KKBPK.
 
Penghargaan MKK merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat melalui BKKBN kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.
 
Tokoh lainnya yang menerima penghargaan adalah Ketua TP PKK Kabupaten Bantul Erna Kusumawati yang menerima Manggala Karya Kencana (MKK), Dokter Spesialis Obsgyn RSUP dr. Sardjito Muh. Nurhadi Rahman yang mendapatkan penghargaan Wira Karya Kencana (WKK), dan Direktur RSUD Prambanan Kabupaten Sleman drg Isa Dharmawijaya MKes yang mendapatkan apresiasi Dharma Karya Kencana (DKK).
 
Terakhir Kabid Pengendalian Penduduk di Dinas PMD Dalduk dan KB Kulonprogo Drs Mardiya. Lagu bertema keluarga gubahannya diganjar penghargaan Cipta Karya Kencana (CKK).
 
Mantan Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengatakan
Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap kinerja, komitmen, dan program kerja seluruh jajaran pemerintahan dan tenaga kesehatan dan seluruh pihak terkait di Kulonprogo
 
"Semoga bisa semakin memotivasi jajaran PKK, penyuluh KB dan Kependudukan serta instansi terkait untuk meningkatkan kinerja dan kerja sama dalam hal pembangunan SDM keluarga, pendidikan KB dan kesehatan remaja," ungkap Hasto.
 
Hasto juga berharap penghargaan ini menjadi pemicu semangat untuk terus memberikan dukungan terhadap Program BKKBN. Harganas 2019 diselenggarakan di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, 1-6 Juli 2019. 
 
Peringatan Harganas tahun ini mengangkat tema ‘Hari Keluarga, Hari Kita Semua'. Dengan mengusung pesan inti 'Cinta Keluarga, Cinta Terencana’.
 
Sebanyak 15 ribu perwakilan dari 33 provinsi turut ambil bagian dalam puncak peringatan yang dilaksanakan di Lapangan Kantor Gubernur Kalsel, Banjarbaru, Sabtu, 6 Juli 2019.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif