Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Solo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Solo (Pythag Kurniati)

Pemprov Jateng Awasi Sekolah Radikal

terorisme radikalisme
Pythag Kurniati • 28 Juni 2019 15:24
Solo: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan mengawasi sekolah-sekolah yang menanamkan bibit radikalisme. Hal ini dilakukan untuk mencegah tindak terorisme di kemudian hari.
 
Ganjar mengaku telah bertemu para kepala sekolah untuk melakukan pencegahan. "Ini (sekolah radikal) tidak boleh ada lagi dan kita awasi, ke depan kita tertibkan," kata Ganjar usai acara silaturahmi dan diskusi bersama para eks narapidana kasus terorisme (napiter) di Solo, Jumat, 28 Juni 2019.
 
Dalam diskusi tersebut, Ganjar mendapatkan informasi bahwa masih ada sekolah-sekolah yang mengajarkan intoleran. Anak-anak hingga remaja terus didoktrin hingga menjadi radikal. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain dari sekolah, orang tua harus berpartisipasi mendampingi anaknya dalam bermedia sosial. "Medsos menjadi bagian atau cara menyebarkan radikalisme untuk mempengaruhi pikiran," ujar Ganjar.
 
Dari sisi orang tua pun perlu dilakukan pencegahan agar tidak mendidik anaknya radikal. Salah satu caranya ialah dengan memperbaiki ekonomi keluarga.
 
Seperti para eks napiter dalam Yayasan Gema Salam yang bertemu Ganjar hari ini, mereka juga diberi akses memperbaiki perekonomian untuk menjalani kehidupan yang baru.
 
"Kalau mereka siap kembali ke pangkuan NKRI, kita bisa membantu Menurut saya itu tidak terlalu sulit, kita beri akses permodalan, pelatihan, pendampingan," katanya.
 
Sementara itu Ketua Yayasan Gema Salam, Joko Tri Harmanto alias Jack Harun, mengatakan siap mendampingi pemerintah melakukan deradikalisasi terhadap kelompok radikal. Terdapat 40 anggota yang masuk ke dalam yayasan itu.
 
"Program kami terus bersinergi dengan pemerintah dalam bidang sosial dan ekonomi. Harapannya agar orang-orang yang radikal bisa kembali membangun NKRI," tutupnya.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif