Fisik dan mental 100 anggota Basarnas Jateng digembleng di Gunung Ungaran, Semarang -- MTVN/Mustholih
Fisik dan mental 100 anggota Basarnas Jateng digembleng di Gunung Ungaran, Semarang -- MTVN/Mustholih (Mustholih)

100 Anggota Basarnas Jateng Berlatih di Gunung Ungaran

basarnas
Mustholih • 17 Oktober 2017 10:47
medcom.id, Semarang: Sebanyak 100 anggota Badan SAR Nasional (Basarnas) Jawa Tengah mengikuti pelatihan untuk lebih tanggap menghadapi bencana banjir dan tanah longsor saat musim hujan. Apalagi, Jateng adalah salah satu daerah paling rawan bencana.
 
"Tahun lalu saja, Basarnas Jateng beserta SAR gabungan menangani 216 kejadian. Sebanyak 175 kejadian atau sekitar 80 persen didominasi bencana banjir, tanah longsor, dan kecelakaan perairan, baik itu kasus hanyut di sungai maupun orang tenggelam di waduk atau pantai" kata Kepala Basarnas Jateng Noer Isrodin Muchlisin di Semarang, Selasa 17 Oktober 2017.
 
Noer mengatakan, semua anggota Basarnas Jateng dituntut siap bergerak saat bencana terjadi. Demikian juga alat-alat pendukung rescue, juga sudah disiagakan di Kantor Basarnas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Noer, fisik dan mental anggota Basarnas Jateng akan digembleng melalui serangkaian latihan di Gunung Ungaran. Anggota yang mengikuti pelataihan hari ini berasal dari Basarnas Semarang, Jepara, Solo, dan Cilacap.
 
"Kita berupaya meningkatkan kesiapan personel Basarnas Jateng. Tujuannya untuk antisipasi menghadapi bencana dan kecelakaan. Biasanya pada musim penghujan bencana dan kecelakaan mengalami peningkatan," ujar Noer.
 

(NIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif