NEWSTICKER
Pencanangan Kampung KB di Palembang. Foto: Antara/Feny
Pencanangan Kampung KB di Palembang. Foto: Antara/Feny (Antara)

Jateng Siap Dirikan Kampung KB

keluarga berencana
Antara • 01 Maret 2016 22:23
medcom.id, Semarang: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggaet para kepala daerah se-Jawa Tengah guna mendeklarasikan dan menyukseskan program nasional "Gerakan Ayo Ikut KB".
 
"Salah satu daerah yang menyambut ajakan program KB adalah Jawa Tengah," kata Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty seperti dilansir Antara, Selasa (1/3/2016).
 
Surya mengatakan pemerintah pusat melalui BKKBN akan berupaya mendorong pemerintah daerah meningkatkan sosialisasi dan edukasi program KB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seluruh kepala daerah di Jateng menghadiri dan mendukung Gerakan Ayo Ikut KB yang digelar di Pendopo Kabupaten Wonosobo pada 25 Februari 2016.
 
Bahkan, menurut Surya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bertekad menyukseskan program KB dengan sasaran menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan mengurangi kemiskinan.
 
Lebih lanjut, BKKBN menjalankan program KB melalui pendekatan masyarakat di pinggiran dengan model "Kampung KB" tingkat rukun warga (RW) yang tersebar minimal satu kampung pada setiap daerah.
 
"Kampung KB salah satu bentuk miniatur pelaksanaan total Program KKBPK (Program Kependudukan, KB dan pembangunan keluarga) melibatkan seluruh bidang di BKKBN bersinergi dengan para pemangku kepentingan," ujar Surya.
 
Sinergitas yang akan terjalin dengan sektor lain di antaranya optimalisasi pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak sejak di kandungan sampai seribu hari pertama kehidupan (1.000 HPK), perencanaan kehamilan yang baik sejak pra nikah dan selama mengandung.
 
Surya menjelaskan Pemerintah Jateng juga mendukung revitalisasi program KB dengan meningkatkan alokasi anggaran untuk penyelenggaraan dan pelayanan KB. "Bahkan pemerintah provinsi telah mencanangkan Kampung KB di Kabupaten Cilacap," kata Surya.
 
Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan jumlah penduduk Jateng mencapai 33,5 juta pada 2014, jika program KB berhasil dilaksanakan maka akan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan jumlah penduduk secara nasional.
 

(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif