Cuplikan layar tampilan laman Polresjogja.com saat dikuasai peretas (cracker), Senin (18/7/2016). (Metrotvnews.com)
Cuplikan layar tampilan laman Polresjogja.com saat dikuasai peretas (cracker), Senin (18/7/2016). (Metrotvnews.com) (Ahmad Mustaqim)

Situs Kepolisian di Yogya Diretas

hacker
Ahmad Mustaqim • 18 Juli 2016 10:58
medcom.id, Yogyakarta: Tiga situs kepolisian di Yogyakatarta yaitu tribratanewsjogja.com, polresjogja.com dan jogja.polri.go.id diretas. Tiga situs tersebut tak bisa diakses pada Senin (18/7/2016).
 
Laman tribratanewsjogja.com merupakan situs resmi milik Polres Sleman. Sedangkan situs polresjogja.com adalah milik Polresta Yogyakarta, serta jogja.polri.go.id merupakan situs resmi Polda DIY. Ketiga situs tersebut berubah berwarna hitam sejak Senin dini hari.
 
Tak bisa diaksesnya ketiga situs tersebut sempat ramai diperbincangkan di media sosial. Netizen mengaitkan pemblokiran kasus itu dengan tindakan polisi di Yogyakarta yang mengepung Asrama Mahasiswa Papua Kamasan I beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Solidaritas itu ada! Dan berlipat ganda! Setelah kemarin warga Jogja bahu membahu menyelundupkan logistik makanan ke dalam asrama, kini website polresjogja.com, tribratanewsjogja.com, dan jogja.polri.go.id diserang hacker," tulis pengelola akun Anti-Tank Project.
 
Baca: Tujuh Pemuda Papua di Yogya Ditangkap
 
Kabid Humas Polda DIY, AKBP Anny Pudjiastuti membenarkan peretasan tersebut. Menurutnya, pihak pengelola sedang melakukan perbaikan. "Saat ini baru dipulihkan," ujarnya melalui sambungan telepon.
 
Pantau Metrotvnews.com, dua situs tribratanewsjogja.com dan jogja.polri.go.id telah bisa diakses sekitar pukul 10.00 WIB. Sementara, hingga berita ini disusun, atau pukul 10.47 WIB, laman polresjogja.com bisa diakses.
 

(SAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif