Iring-iringan bus pariwisata di Jalan Soekarno – Hatta Jepara, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Rhobi Shani)
Iring-iringan bus pariwisata di Jalan Soekarno – Hatta Jepara, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Rhobi Shani) (Rhobi Shani)

Dishub Jepara Kesulitan Awasi Awak Bus Pariwisata

keselamatan lalu lintas
Rhobi Shani • 02 Mei 2017 13:24
medcom.id, Jepara: Kepala Bidang Angkutan Darat pada Dinas Perhubungan Jepara Setyo Adhi mengklaim pihaknya rutin melakukan pembinaan kepada pemilik bus pariwisata. Selain itu, juga secara berklaa memeriksa kelengkapan administrasi dan kelaikan kendaraan, sewaktu-waktu.
 
Namun, dia mengaku kesulitan mengawasi kondisi awak bus pariwisata. “Karena pemberangkatan tidak dari terminal,” ujar Adhi ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 2 Maei 2017.
 
Adhi melanjutkan, saat ini pihaknya tengah gencar mensosialisasikan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan. Nantinya, setiap perusahaan otobus wajib memiliki standar manajemen keselamatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kalau peraturan menterinya sudah uji publik di Jawa Tengah tinggal menunggu diundangkan. Tapi kami sudah mulai sosialisasikan itu, harapannya ketika peraturan itu diterapkan perusahaan bus sudah siap,” kata Adhi.
 
Terpisah, Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Jepara Samsul Arif menyatakan, hanya empat perusahaan otobus yang terdaftar pihaknya. Dari empat tersebut, hanya satu perusahaan yang murni penyedia jasa bus pariwisata. Yaitu PO Senja Furindo dengan jumlah armada sebanyak 18 bus.
 
“Yang lainnya selain bus pariwisata juga operator bus AKAP. Kemudian bus pariwisata yang tidak mempunyai izin juga banyak,” ungkap Samsul.
 
Kepada pengusaha bus pariwisata, Samsul meminta tertib administrasi dan selalu memeriksa kondisi kelaikan armada. Pasalnya, informasi yang diterima pihaknya, ada sejumlah armada bus dengan izin ganda.
 
“Kami akui memang ada izin satu bus untuk beberapa bus. Dan kami sering mengingatkan kepada perusahaan bus,” pungkas Samsul.
 

(SAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif