Sejumlah jamaah calon haji berjalan menuju pesawat saat pemberangkatan kloter terakhir Embarkasi Boyolali di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (17/9). ANTARA FOTO/ Aloysius Jarot Nugroho.
Sejumlah jamaah calon haji berjalan menuju pesawat saat pemberangkatan kloter terakhir Embarkasi Boyolali di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (17/9). ANTARA FOTO/ Aloysius Jarot Nugroho. (Patricia Vicka)

Calon Haji DIY Didominasi Lansia

Haji 2019
Patricia Vicka • 08 Juli 2019 15:13
Yogyakarta: Calon haji asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun 2019 berjumlah 3630 orang. Lebih dari setengah calon haji tersebut adalah lansia dan yang tertua tercatat calon haji asal Bantul berusia 96 tahun.
 
Kepala Bidang Haji Kemenag DIY Sigit Warsito mengatakan seluruh calon haji lansia dinyatakan kuat untuk terbang ke tanah suci.
 
"Tahun ini lebih dari 70 persennya berumur di atas 60 tahun. Tapi semua sudah ikut pemeriksaan kesehatan dan sehat semua," kata Sigit di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Senin, 8 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sigit menjelaskan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, penyelengara haji sudah membentuk tim gerak cepat kesehatan. Tim akan memantau kesehatan para calon haji lansia di Makkah dan Madinah.
 
"Saat ada calhaj yang terlihat sakit, tim langsung gerak cepat mengatasinya. Begitu jug akalau ada yang terpisah, tim akan membantunya," jelas Sigit.
 
Menurut Sigit para calon haji lansia ini turut didampingi oleh satu orang keluarga. Kemenag DIY mengimbau para calon haji lansia untuk membawa olarit dan obat-obatan pribadi dan untuk banyak minum serta makan buah-buahan dan yang banyak mengandung cairan.
 
Peralatan yang wajib dibawa para calhaj di antaranya masker, tutup kepala, alas kaki, dan pelembab yang dapat mengurangi hawa panas.
 
"Kami imbau mandi sekali sehari dan pakai sabun bayi. suapaya kulit engga kering," beber Sigit.
 
3.630 calon haji tersebut terbagi ke dalam 11 kloter.  Keberangkatan mereka mulai dari tanggal 12 hingga 15 Juli 2019. Sementara untuk calon haji kuota tabahan akan berangkat pada 4 Agustus 2019. Sementara gelombang kepulangan ke Indonesia dimulai 24 Agustus 2019.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif