Jasa jahit seragam sekolah mulai kebanjiran order jelang ajaran tahun baru 2019. Foto: Medcom.id
Jasa jahit seragam sekolah mulai kebanjiran order jelang ajaran tahun baru 2019. Foto: Medcom.id (Rhobi Shani)

Penjahit Kebanjiran Order Seragam Sekolah

seragam sekolah
Rhobi Shani • 02 Juli 2019 10:42
Jepara: Tahun ajaran baru membawa berkah untuk penjahit. Jumlah konsumen yang menjahitkan baju seragam sekolah bertambah memasuki Juli. Beberapa penjahit harus lembur untuk menyelesaikan order.
 
Seperti yang terjadi pada jasa jahit milik Sholeh, di Jalan Kartini Jepara. Dia mengaku, pesanan jahitan baju seragam mulai naik sejak akhir Juni 2019. Dia memperkirakan, order masih akan naik jelang masuk sekolah.
 
"Sudah sejak seminggu ini, pesanan untuk membuat baju sekolah naik. Pesanan per hari sekitar 5-6 pasang, atasan bawahan panjang (berlengan dan celana panjang)," ujar Sholeh, Selasa, 2 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pesanan sragam paling banyak seragam SMP. Sementara untuk seragam jenjang SMA, kemungkinan baru masuk pada pekan ini.
 
Untuk menyelesaikan satu pasang seragam, Sholeh memerlukan waktu lebih kurang satu pekan. Sholeh mengaku harus lembur supaya pesanan bisa cepat selesai.
 
"Kalau satu pasang baju seragam biayanya sekitar Rp180 ribu. Jadi pelanggan tinggal bawa bahan, gambar nanti orangnya kita ukur, baru kita jahitakan," ungkap Sholeh, yang telah mengelola Jasa Karya Tailor sejak 31 tahun lalu.
 
Dia mengungkapkan, ia hanya dibantu tiga karyawan. Dua orang penjahit dan seorang tukang potong. Sementara dirinya, mempersiapkan baju yang telah selesai dijahit untuk disetrika.
 
"Sekarang susah cari penjahit, orangnya ikut garmen semua," tuturnya Sholeh sambil mengolesi celana menggunakan cairan kanji, lalu menyetrikanya.
 
Sementara itu, seorang penjahit bernama Udin, menyebut dalam sehari bisa menjahit lima seragam. Dia mengaku, hanya bekerja sampai pukul 18.00 WIB.
 
"Kalau saya sih tidak lembur, paling-paling sampai Magrib. Sehari ya bisa jahit lima sampai enam potong baju. Kalau teman saya itu yang lembur ya bisa sampai sepuluh potong baju yang diselesaikan. Tapi ya harus lembur sampai jam 12 (24.00)," papar Udin.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif