Pemasangan alat peringatan dini bencana longsor di Desa Tempur Kecamatan Keling, Jepara, Jawa Tengah.
Pemasangan alat peringatan dini bencana longsor di Desa Tempur Kecamatan Keling, Jepara, Jawa Tengah. (Rhobi Shani)

BPBD Pasang Alat Peringatan Longsor

longsor bencana longsor bencana banjir
Rhobi Shani • 08 Juli 2019 14:34
Jepara: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, memasang tiga alat peringatan longsor di Desa Tempur, Kecamatan Keling. Alat itu akan bekerja ketika terjadi gempa atau pergerakan tanah yang berpotensi terjadinya longsor. Sehingga, dapat mengurangi dampak korban jiwa.
 
Kepala BPBD Kabupaten Jepara, Arwin Nor Isdiyanto menyampaikan, pemasangan alat peringatan longsor berlangsung selama sepekan. Usai pemasangan bersama tim teknis dari Universitas Gajah Mada dilakukan simulasi peringatan dini longsor.
 
“Sebelum pemasangan kami melakukan kajian dulu. Sebetulnya kami mengajukan banyak titik ke pemerintah provinsi, terutama untuk desa-desa rawan longsor seperti Bungu, Kunir, dan Somosari namun yang disetujui baru tiga,” ujar Arwin, Senin, 8 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Usai dipasang, BPBD Kabupaten Jepara menggelar simulasi tanah longsor. Itu juga untuk memastian alat peringatan dini longsor berfungsi dengan baik.
 
Alat yang dipasang akan mengelurkan sirine jika terjadi pergerakan tanah. Saat itu pula, warga diminta untuk segera menjauhi lereng dan perbukitan menuju lokasi yang lebih aman.
 
“Bantuan ini kami fokuskan dulu pemasangannya di karena desa ini sering longsor dan pernah ada korban jiwa,” kata Arwin.
 
Setelah alat terpasang selanjutnya diserahkan ke pemerintah desa. Arwin berharap, melalui anggaran dana desa, pemerintah desa dapat menambah alat peringatan dini bencana longsor. Mengingat Desa Tempur merupakan satu dari tiga desa tangguh bencana di Bumi Kartini.
 
“Pak Petinggi (kepala desa) sudah saya minta desa untu menganggarkan. Sehingga kalau ada bantuan bisa ditempatkan di desa-desa rawan yang lain,” tandas Arwin.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif