Ilustrasi/Metrotvnews.com
Ilustrasi/Metrotvnews.com (Ahmad Mustaqim)

Ratusan Pelajar Hamil di Luar Nikah, ke Mana Guru & Orang Tua?

hamil
Ahmad Mustaqim • 29 Januari 2016 18:55
medcom.id, Yogyakarta: Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, mengaku terkejut dan prihatin terhadap tingginya kasus kehamilan di luar nikah di kalangan pelajar Kota Yogyakarta. Pasalnya, ada 228 pelajar usia SMP-SMA di Kota Yogyakarta hamil di luar nikah selama 2015.
 
"Sebetulnya sangat penting menjaga hubungan yang baik antara anak-orang tua. Seks bebas itu tidak baik," kata Haryadi di ruang kerjanya, Jumat (29/1/2016).
 
Selain di Kota Yogyakarta, di empat kabupaten di DIY terjadi ratusan kasus serupa. Di Bantul, ada 276 kasus, Sleman (219 kasus), Gunungkidul (148 kasus), dan Kulon Progo (105 kasus).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Haryadi, kasus seperti itu merupakan konsekuensi dari perkembangan teknologi. Para orang tua, kata dia, sulit apabila hendak melarang anak-anaknya untuk tidak menggunakan gawai.
 
Terlebih, gawai menjadi salah satu simbol kemajuan teknologi. "Anak-anak kita sekarang hidup di abad ke-21, sedangkan orang tuanya hidup di zaman sebelumnya," kata dia.
 
Haryadi meminta agar para orang tua dan guru di sekolah memberikan bekal kepada anak-anak usia pelajar untuk memahami dengan utuh, mana yang baik dan tidak. Jika hal itu terpenuhi, lanjutnya, akan menjadi modal untuk bisa membentengi diri.
 
Menurut dia, pendidikan kesehatan reproduksi tak cukup menjadi modal pengetahuan pelajar. Baginya, nilai-nilai sosial juga harus dipahami anak-anak saat ini. "Ini menjadi bahan evaluasi pemerintah, masyarakat, dan orang tua. Anak itu harus di bawah pengawasan sebelum dewasa, jadi tak hanya dibimbing," kata dia.
 

(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif