Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo memimpin upacara sebelum melepas Sutopo ke liang kubur.Foto: Medcom.id
Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo memimpin upacara sebelum melepas Sutopo ke liang kubur.Foto: Medcom.id (Pythag Kurniati)

Kepala BNPB: Sutopo Pengabdi Negara Berkemauan Keras

obituari
Pythag Kurniati • 08 Juli 2019 10:58
Boyolali: Upacara penghormatan jenazah Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, digelar di rumah duka, di Kampung Surodadi RT 07 RW 09 Kelurahan Siswodipuran, Boyolali, Jawa Tengah. Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo memimpin upacara sebelum melepas Sutopo ke liang kubur.
 
"Pak Topo bisa menjadi pelajaran untuk kita, bahwa beliau memiliki kemauan yang keras mengabdi kepada bangsa dan negara," kata Doni, di lokasi, Senin, 8 Juli 2019.
 
Doni mengatakan Sutopo merupakan aparatur negara tangguh. Meski mengidap kanker paru-paru stadium 4, Sutopo tetap bekerja profesional. Sutopo mampu menyusun laporan dengan baik selama bekerja di Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Beliau mengumpulkan data dari seluruh daerah kemudian menyampaikannya kepada masyarakat dengan mudah dipahami," kata dia.
 
Baca: Ganjar Mengenang Pernah Diejek Sutopo
 
Doni mengungkap BNPB telah berupaya memberikan penanganan kesehatan terbaik untuk Sutopo. BNPB mengirim Sutopo berobat di salah satu rumah sakit kanker terbaik di Tiongkok. 
 
Sutopo meninggal di Guangzhou, Tiongkok, Minggu, 7 Juli 2019, pukul 02.20 waktu setempat atau 01.20 WIB. Jenazah diberangkatkan dari Tiongkok dan tiba di Jakarta pada Minggu, 7 Juli 2019, malam. 
 
Pagi tadi, jenazah Sutopo dibawa ke kampung halamannya di Kelurahan Siswodipuran, Boyolali melalui Bandara Adi Soemarmo, Boyolali. Prosesi pemakaman juga diikuti oleh jajaran TNI, kepolisian dan jajaran BPBD, serta relawan kebencanaan Solo dan sekitarnya.
 
Sebelum pemakaman, keluarga melakukan tradisi brobosan di bawah peti jenazah yang digotong. Kemudian jenazah dibawa menuju TPU Sonolayu yang tak jauh dari rumah duka.
 
Baca: Sutopo dalam Memori Sang Ayah
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif