Ilustrasi
Ilustrasi (Agus Utantoro)

Waspada Bencana pada Masa Pancaroba

musim pancaroba
Agus Utantoro • 01 Oktober 2017 17:06
medcom.id, Yogyakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta meminta masyarakat mewaspadai terjadinya bencana pada masa pancaroba. Potensi bencana yang terjadi pada masa pancaroba, antara lain angin kencang dan hujan deras yang ekstrem.
 
"Meskipun bencana tidak diharapkan datang, tetapi kewaspadaan menjadi sebuah keharusan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Kota Yogyakarta Agus Winarto, Minggu 1 Oktober 2017.
 
Agus menjelaskan, angin kencang dapat menyebabkan terjadinya pohon tumbang dan baliho roboh. Sedangkan, hujan ekstrem dapat menyebabkan meluapnya aliran sungai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Warga juga diingatkan agar segera melporkan jika mengetahui ada pohon yang terlalu rindang sehingga rawan tumbang atau baliho yang rusak. "Nanti akan kami upayakan penanganannya. Bisa juga dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup," kata Agus.
 
Pada akhir September saat terjadi hujan turun pertama kali setelah musim kemarau, lanjut Agus, ada dua pohon di utara Pasar Beringharjo tumbang. Guna mengantisipasi berbagai kemungkinan, BPBD Kota Yogyakarta telah memasang sejumlah kamera CCTV di pinggir alur sungai dan 80 Early Warning Signals (EWS) di alur sungai.
 
"Baik CCTV maupun EWS dapat berfungsi dengan baik," ujarnya.
 
Selain meningkatkan koordinasi dengan relawan dan masyarakat, BPBD Kota Yogyakarta juga berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah lain, seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman, termasuk PDAM Tirtamarta.
 

(NIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif