Sejumlah pekerja memindahkan batuan candi yang sebelumnya digunakan untuk membuat talut. Foto: MTVN/Mustaqim
Sejumlah pekerja memindahkan batuan candi yang sebelumnya digunakan untuk membuat talut. Foto: MTVN/Mustaqim (Ahmad Mustaqim)

Batuan Candi Prambanan yang Jadi Talut Akan Dikumpulkan

benda purbakala
Ahmad Mustaqim • 31 Agustus 2015 21:57
medcom.id, Yogyakarta: Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta memastikan batuan candi yang digunakan talut Pleret merupakan bagian Candi Prambanan. Kepastian itu diperoleh setelah BPCB menugaskan steller (penyusun batuan candi) untuk memeriksa.
 
"Steller sudah mengecek dan memastikan bahwa ratusan batuan itu batu Candi Prambanan," kata Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan, BPCB Yogyakarta, Wahyu Astuti, di Yogyakarta, Senin (31/08/2015).
 
Wahyu menjelaskan, dari hasil pengecekan, batuan tersebut sebagian besar ditemukan sudah menempel dengan semen dan batu merah. Meski menempel dengan semen, proses pembongkaran batuan itu terus dilanjutkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nantinya, ia melanjutkan, BPCB akan secara bertahap memindahkan ratusan batuan candi tersebut ke kompleks Candi Prambanan memakai truk.
 
"Mulai kita pindahkan ke kompleks Candi Prambanan. Nanti kalau sudah terkumpul dan dilakukan pemugaran pagar akan digunakan," jelasnya.
 
(Baca: Batu Candi Prambanan Digunakan untuk Talut)
 
Dari lokasi pengerukan, tampak ada truk mulai mengangkut batuan candi itu ke kompleks Candi Prambanan. Selain itu, para pekerja perbaikan talut tetap melanjutkan pengalian batuan candi yang tertimbun itu.
 
Sebelumnya, ratusan batuan candi ditemukan para pekerja saat memperbaiki talut Pleret di Desa Kepatihan, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Batuan yang merupakan bagian Candi Prambanan itu ditemukan pada Kamis, 27 Agustus.
 

(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif