Ilustrasi. Foto: Antara
Ilustrasi. Foto: Antara (Patricia Vicka)

Organisasi Serupa Gafatar Terindikasi Menjamur di Yogyakarta

gafatar
Patricia Vicka • 03 Maret 2016 18:21
medcom.id,Yogyakarta: Sejumlah organisasi yang kegiatannya mirip dengan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) terindikasi bermunculan di Yogyakarta. Dugaan tersebut diungkapkan petinggi Korem 072 Pamungkas dalam rapat bersama penanganan Gafatar dengan anggota DPRD, Kesbangpol, dan aparat keamanan di DPRD DIY, Kamis, 3 Maret.
 
Anggota Komisi A Arif Noor Hartanto mengatakan pihaknya mendapat kabar adanya sekelompok organisasi yang menjalankan kegiatan dengan pola kegiatan mirip Gafatar. Namun, nama serta identitas organisasi tersebut masih dirahasiakan.
 
"Basisnya tidak di Yogyakarta, tapi kegiatan dan anggotanya sudah di Yogyakarta," ujar pria yang akrab disapa Inung itu di DPRD DIY.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia tak menampik pemberitaan soal Gafatar yang beredar luas di masyarakat mendorong munculnya organisasi-organisasi lain yang serupa. Ia meminta masyarakat waspada dan tidak mudah terpengaruh organisasi yang tidak sesuai UU dan Pancasila.
 
"Gafatar itu jadi pemantik munculnya kelompok lain berbasis ideologi. Masyarakat harus berhati-hati dan mendeteksi dini keberadaan organisasi serupa Gafatar. Jangan cuek dengan tetangga sekitar," kata politikus PAN ini.
 
Kepala Kesbangpol DIY Agung Supriyono membenarkan keberadaan organisasi dengan pola seperti Gafatar bermunculan. Namun, pihaknya belum mau mengambil sikap dan masih terus menyelidiki gerak-gerik organisasi-organisasi tersebut.  
 
"Kalau ada organisasi yang sudah lama mati dan hidup kembali bisa dilihat kembali alasan organisasi itu dulu bubar," kata dia.
 

(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif