Petugas melakukan razia produk mi instan yang mengandung babi di minimarket di Brebes, Jawa Tengah -- MTVN/Kuntoro Tayubi
Petugas melakukan razia produk mi instan yang mengandung babi di minimarket di Brebes, Jawa Tengah -- MTVN/Kuntoro Tayubi (Kuntoro Tayubi)

Mi Impor Mengandung Babi Ditemukan di Brebes

razia makanan
Kuntoro Tayubi • 23 Juni 2017 14:32
medcom.id, Brebes: Mi impor mengandung deoxyribose-nucleic acid (DNA) babi ditemukan masih dijajakan di sebuah minimarket di Brebes, Jawa Tengah. Mi instan tidak halal tersebut kemudian diamankan untuk tidak dijajakan lagi.
 
Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Brebes Sutejo mengaku, temuan tersebut bermula dari informasi masyarakat tentang adanya mi instan asal Korea yang mengandung babi. "Begitu ada laporan dari warga, kami langsung melakukan sidak ke beberapa minimarket dan swalayan," kata dia di Brebes, Jumat 23 Juni 2017.
 
(Baca: Mi Mengandung Babi masih Beredar Luas)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari beberapa minimarket yang didatangi, petugas langsung memeriksa aneka produk mi instan impor yang terpampang di rak. Petugas gabungan hanya menemukan satu minimarket yang menjajakan mi instan tidak halal.
 
"Di minimarket lainnya kami tidak menemukan produk yang mengandung DNA babi tersebut. Sebagian besar, pengelola minimarket dan mall di Brebes sudah mengetahui larangan ini. Makanya, kami hanya menemukan di satu lokasi," ungkap Sutejo.
 
(Baca: Kasus Mi Mengandung Babi Diduga Melanggar Tiga UU)
 
Sutejo meminta pembeli lebih berhati-hati membeli produk makanan impor. Ia juga memasang pengumuman jenis mi instan yang mengandung babi.
 
"Pemerintah akan memberikan sanksi tegas kepada minimarket dan swalayan yang membandel dan masih tetap menjajakan produk mie mengandung babi," ancanmya.
 
Salah satu penjaga minimarket di Brebes yang enggan disebut namanya mengaku, produk mi mengandung babi sudah ditarik beberapa hari lalu dan tidak dijajakan lagi.
 
 
 

(NIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif