Sri Purnomo dan Sri Muslimatun saat ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sleman terpilih oleh KPU Sleman (Foto: MTVN/Patricia Vicka)
Sri Purnomo dan Sri Muslimatun saat ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sleman terpilih oleh KPU Sleman (Foto: MTVN/Patricia Vicka) (Patricia Vicka)

Gubernur DIY Lantik Tiga Bupati Terpilih Esok

pilkada serentak
Patricia Vicka • 16 Februari 2016 11:19
medcom.id,Yogyakarta: Bupati dan wakil bupati terpilih Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Purnomo dan Sri Muslimatun akan dilantik di Bangsal Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta, Rabu esok 17 Februari. Gubernur DI Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X akan melantik keduanya bersama pasangan bupati terpilih Bantul dan Gunung Kidul.
 
"Rencananya esok (kepala daerah) tiga kabupaten itu diupayakan bersama-sama pelantikannya," kata Kepala Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Provinsi DIY Beny Suharsono, di Yogyakarta, Selasa (16/2/2016).
 
Benny mengatakan, tiga pasangan bupati terpilih itu dilantik usai pihaknya menerima surat penetapan pengangkatan bupati dan wakil bupati serta surat pemberhentian pejabat bupati periode sebelumnya dari Kementerian Dalam Negeri, pada Minggu 14 Februari. Namun surat pengangkatan Sri Purnomo dan Sri Muslimatun dalam proses pengambilan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Informasi untuk Sleman baru kami terima Minggu Malam. Maka kemarin, suratnya sedang kami ambil ke Kemendagri," ujar dia.
 
Terkait status Sri Muslimatun yang masih terdaftar sebagai anggota DPRD Sleman karena belum mendapatkan Surat Pergantian Antar Waktu (PAW) Benny mengatakan hal itu tidak menghalangi pelantikan. Sebab KPU sudah mengeluarkan surat edaran yang akhirnya melanggengkan langkah Sri Muslimatun bertarung dalam Pilkada 2015. "PAW itu bukan masuk salah satu syarat pelantikan Bupati dan Wabup. Sudah ada surat KPU yang menyatakan SP dan SR sudah terpilih jadi bupati dan wabup. Itu yang menjadi syarat administrasi kami untuk melantik," tegasnya.
 
Dua kepala daerah lainnya yang akan dilantik adalah Suharsono dan Abdul Halim Muslih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bantul. Serta Badingah dan Immawan Wahyudi yang akan memimpin Kabupaten Gunung Kidul. Pelantikan akan dimulai sekitar jam 09.00 dan akan dihadiri antara lain anggota DPR RI, Forkorpimda dan jajaran pejabat daerah dan dewan daerah.
 

(TTD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif