Aipda Much Kartika Nofianto, anggota Bhabinkamtibmas Garung Kidul Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, memberikan layanan bekam pada masyarakat.
Aipda Much Kartika Nofianto, anggota Bhabinkamtibmas Garung Kidul Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, memberikan layanan bekam pada masyarakat. (Rhobi Shani)

Jadi Ahli Bekam, Polisi di Kudus Obati Warga Secara Gratis

polri polisi
Rhobi Shani • 28 Juni 2019 16:46
Kudus: Seorang anggota polisi di Garung Kidul, Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, punya cara tersendiri mendekatkan diri dengan masyarakat. Yaitu, dengan memberikan layanan bekam kepada masyarakat. Dia adalah Aipda Much Kartika Nofianto.
 
Nofi, begitu dia akrab disapa, merupakan Anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas). Dia mendapat keahlian membekam sejak tiga bulan yang lalu. Keahlian itu membuatnya semakin dekat dengan warga desa. Apalagi setiap melayani bekam warga, Nofi ikhlas tanpa dibayar. 
 
“Iya semua gratis. Tidak dibayar,” ujar Nofi, bapak dua anak di kantor Balai Desa Garung Kidul usai memberikan layanan bekam gratis, Jumat, 28 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hampir setiap hari pria 40 tahun itu melayani bekam warga di desa binaannya. Tidak ada tempat praktik khusus baginya dalam membekam. Kadang di bengkel, kadang di warung kopi, tidak jarang juga di balai desa. Tergantung di mana ada warga yang berkumpul dia menyambanginya.
 
“Kalau ada yang mengeluh kurang enak badan, saya tawari untuk dibekam. Hampir setiap hari melayani warga yang bekam. Paling banyak sehari enam orang warga yang bekam,” kata Nofi.
 
Melalui bekam, kata Nofi, hubungan yang terjalin dengan warga menjadi semakin harmonis. Seolah menyelam sambil minum air, ketika membekam dia juga menyampaikan pesan-pesan keamanan dan ketertiban kepada warga.
 
Nofi memberikan layanan bekam gratis bagi warga desa sebagi bentuk balasbudinya. Pasalnya, saat mengikuti pelatihan bekam Nofi dibiayai menggunakan uang desa. Perihal biaya operasional bekam selama ini, dia dibantu oleh kepala desa setempat.
 
“Kalau warga selain dari Desa Garung Kidul mau bekam, juga dilayani. Gratis juga,” kata Nofi.
 
Kepala Desa Garung Kidul, Aan Setyawan mengungkapkan, dia mendukung penuh atas apa yang dilakukan Nofianto. Apalagi yang dilakukan selama ini bermanfaat langsung kepada warganya.
 
“Memang kami ikut partisipasi membiayai pelatihan dan opersioanl. Misalnya kalau tisunya habis. Karena itu untuk kebaikan dan bermanfaat jadi saya silakan,” ungkap Aan.
 
Apa yang dilakukan Nofi mendapat apresiasi dari Kapolres Kudus, AKBP Saptono. Dia menekankan kepada anggotanya, khususnya Bhabinkamtibmas, agar memiliki keahlian khusus. Apalagi dengan keahlian itu mampu menunjang kedekatan dengan warga. Contohnya seperti apa yang dilakukan Nofianto.
 
“Kami dorong kepada seluruh Bhabinkamtibmas supaya punya keahlian tertentu,” tandas Saptono.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif