Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Pythag Kurniati)

Tindak Lanjut Zonasi Sekolah, Ganjar Sebar Guru Berprestasi

Sistem Zonasi PPDB 2019
Pythag Kurniati • 28 Juni 2019 18:22
Solo: Menindaklanjuti sistem zonasi sekolah, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berencana menyebar guru berprestasi. Hal itu dilakukan agar kualitas pendidik di seluruh sekolah merata.
 
Ganjar menilai penyebaran guru tersebut dilakukan sebagai bentuk promosi bagi guru berprestasi. "Seperti pejabat nasional yang pindah tugas ke daerah lain, promosi," katanya saat meninjau PPDB di SMAN 1 Solo, Jumat, 27 Juni 2019.
 
Ganjar mengaku akan segera mengatur perputaran tugas guru tersebut. Dengan demikian, dia berharap status sekolah favorit dapat merata ke seluruh daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti kita assessment posisi-posisi yang ada itu, sehingga sekolah yang dulu dikasih judul favorit bisa kita bikin merata," ujarnya 
 
Dia membandingkan dengan kondisi sebelum sistem zonasi diterapkan. Menurutnya, sekolah favorit akan dengan mudah mendapatkan prestasi yang lebih baik.
 
"Di sekolah favorit anaknya sudah hebat, gurunya tinggal diam saja anaknya pintar. Hari ini kita butuh guru yang hebat," katanya.
 
Sementara itu, Kepala SMAN 1 Solo, Harminingsih, mengaku merasakan dampak zonasi. "Dulu anaknya kan homogen (pandai), tapi sekarang heterogen," ujarnya.
 
Akibatnya guru harus lebih ekstra dalam mengajar sehingga dapat memahamkan siswa. " Dan itu bisa dilakukan, Alhamdulillah kita masih peringkat satu di Solo," pungkasnya. 
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif