Ikan Tongkol  ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Ikan Tongkol ANTARA FOTO/Irwansyah Putra (Ahmad Mustaqim)

Sempat Paceklik, Nelayan Gunungkidul Panen Ikan Tongkol

nelayan harga ikan ikan
Ahmad Mustaqim • 30 Mei 2017 12:15
medcom.id, Yogyakarta: Nelayan di Pantai Baron, Desa Kemedang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta panen ikan tongkol. Hal ini membuat nelayan setempat semringah lantaran beberapa bulan terakhir sempat paceklik tangkapan ikan. 
 
Pada akhir pekan kemarin, setidaknya ada 35 kapal nelayan jenis jukung berlayar mencari ikan tongkol. Semua nelayan tersebut membawa hasil tangkapan ratusan kilo ikan tongkol.
 
"Tiap kapal nelayan itu bisa mendapat empat kuintal, bahkan ada yang sampai lima kuintal ikan tongkol," ujar Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Kabupaten Gunungkidul, Marjono saat dihubungi pada Selasa, 30 Mei 2017. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nelayan Pantai Baron, Maryanto menyatakan proses melaut yang dilakukannya membutuhkan waktu hingga empat jam. Sebab, kapal yang digunakan mengangkut beban berat sampai empat kuintal. 
 
"Jadi, kapal nelayan saat akan bersandar itu penuh dengan ikan," kata dia. 
 
Akan tetapi, lanjutnya, banyaknya tangkapan ikan malah membuat harga merosot. Ikan tongkol yang biasanya perkilogram seharga Rp15 ribu menjadi hanya Rp3 ribu per kilogram. Di kalangan warga biasa, harga ikan tongkol itu lebih mahal seribu rupiah atau maksimal Rp6 ribu per kilogram. 
 
"Di tingkat pengepul dijual bervariasi. Dari Rp3 ribu sampai Rp5 ribu," ujarnya. 
 
Ia menambahkan, ikan tongkol tersebut biasa diperoleh nelayan dengan tangkapan melimpah kisaran bulan Juli hingga Agustus. Ikan-ikan itu banyak didapatkan saat melaut di malam hari. 
 
"Tapi untuk malam tadi tidak melaut karena malam Selasa Kliwon. Menurut kepercayaan masyarakat sini tidak baik untuk melaut," kata dia.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif