NEWSTICKER
    Bupati Kudus Musthofa Wardoyo.MTVN/Istimewa
    Bupati Kudus Musthofa Wardoyo.MTVN/Istimewa ()

    Warga Kudus Diajak Pegang Teguh Tradisi dan Budaya

    bupati kudus
    26 Mei 2017 21:39
    medcom.id, Kudus: Modernisasi tidak boleh menggerus tradisi dan budaya. Sebaliknya, budaya dan tradisi leluhur justru harus jadi akar kemajuan.
     
    "Bagaimana bisa maju jika penopang kekuatan dilupakan?” kata Bupati Kudus Musthofa Wardoyo usai pagelaran tradisi Dhandangan di Kudus, Jumat 26 Mei 2017.
     
    Menurut dia, sejarah membuktikan masa gemilang Nusantara justru dicapai ketika akar budaya dan tradisi dipegang kuat. Budaya leluhur adalah sendi kekuatan bangsa.

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


    Bangunan megah, karya seni, dan keahlian yang dimiliki leluhur adalah buah dari sikap memegang teguh nilai tradisi. Sebab itu, dia mengajak, warga Kudus memegang teguh filosofi Gus-Ji-Gang, kependekan dari bagus, ngaji, dan dagang.
     
    "Ini budaya warisan Sunan Kudus," ujar Musthofa. "Ciri masyarakat Kudus yang berperilaku bagus, mau terus belajar, dan memiliki jiwa berwirausaha."
     
    Pembina Forum UMKM Jawa Tengah ini mengakui mengamalkan Gus-Ji-Gang ketika hendak berinovasi di berbagai sektor, mulai pendidikan, UMKM, kesehatan, termasuk transparansi layanan publik. Hasilnya, kata dia, lahir keterbukaan antara rakyat dengan pemerintah.
     
    Musthofa juga terang-terangan ingin menularkan semangat yang sama ke daerah lain, terutama di Jawa Tengah. “Kami ingin dari Kudus untuk Indonesia kuasai dunia. Mari datang ke Kudus dan berbagi gagasan," ujar dia.
     

    (ICH)
    FOLLOW US

    Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

    Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

    unblock notif