Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo. Foto: Medcom.id
Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo. Foto: Medcom.id (Pythag Kurniati)

Wali Kota Yakin Solo Kondusif Usai Putusan MK

Sidang Sengketa Pilpres 2019
Pythag Kurniati • 27 Juni 2019 15:09
Solo: Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo meminta warganya menerima apa pun keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). Pria yang akrab disapa Rudy itu mengatakan keputusan MK bukanlah urusan menang atau kalah.
 
"Nanti kan hakim akan memutuskan permohonan disetujui atau ditolak," kata Rudy, Kamis, 27 Juni 2019.
 
Politikus PDI Perjuangan itu berharap tidak perlu ada ekspresi penolakan ataupun dukungan terhadap salah satu paslon usai putusan MK. "Solo tidak perlu ada pergerakan apa pun," ujar dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aksi mengawal putusan digelar di sekitar gedung MK, Jakarta, sejak pagi tadi. Rudy berharap Indonesia tetap kondusif dan tak terpengaruh putusan MK.
 
"Kami harap Solo kondusif, Indonesia kondusif. Kemarin kami sudah berkoordinasi dengan kepolisian mengimbau agar masyarakat cukup menyaksikan sidang dari rumah," ujarnya.
 
Sidang putusan sengketa Pemilu 2019 masih berjalan. Sebelu memulai, MK kembali menegaskan pihaknya hanya takut kepada Allah SWT.
 
"Kami akan mempertanggungjawabkan putusan kepada Allah," kata Ketua MK Anwar Usman dalam ruang sidang MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, 27 Juni 2019.
 
Anwar menegaskan MK membuat keputusan dengan memerhatikan perintah Allah dalam Alquran surat An-Nisa ayat 58 dan An-Nisa ayat 135, serta surat Al-Maidah ayat 8. Ayat-ayat ini berisikan soal penegakan hukum dan keadilan.
 
Anwar mengaku berusaha sedemikian rupa mengambil putusan berdasarkan fakta-fakta yang terbukti di dalam persidangan. Namun, dia menyadari keputusan tak mungkin memuaskan semua pihak. 
 
"Untuk itu jangan menjadi (putusan) sebagai ajang saling gugat dan fitnah," tegas Anwar.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif