Suasana gedung Dinas Pendidikan Sleman saat proses PPDB. Medcom.id-Ahmad Mustaqim
Suasana gedung Dinas Pendidikan Sleman saat proses PPDB. Medcom.id-Ahmad Mustaqim (Ahmad Mustaqim)

Wali Murid di Sleman Keluhkan Sulit Input Data PPDB

PPDB 2019
Ahmad Mustaqim • 01 Juli 2019 17:31
Sleman: Orang tua calon siswa mengalami kesulitan dalam memasukkan data, pada proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP di Kabupaten Sleman. Saat ini, PPDB tingkat SMP memasuki tahap verifikasi data. 
 
Mayasari, salah satu wali murid, mengaku kesulitan memasukkan data tambahan prestasi untuk anaknya. Saat menanyakan masalah teknis ke sekolah, ia disarankan ke Dinas Pendidikan Sleman. 
 
"Saya bolak-balik sekolah ke dinas (Dinas Pendidikan Sleman). Kemarin Jumat (28 Juni 2019) itu pas mau input data," kata dia di Dinas Pendidikan Sleman, Senin, 1 Juli 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perempuan 35 tahun ini mengaku masih berusaha. Ia berinisiatif datang ke Dinas Pendidikan Sleman.  Ia mengaku ingin mengubah pilihan sekolah.
 
"Tapi pilihan ketiganya tidak bisa diubah," ujarnya. 
 
Ia mengatakan, sempat tak mengisi nama pedukuhan atau dusun. Saat akan mengisi, ada petunjuk permintaan kata kunci berdasar nomor kartu keluarga. 
 
Akibat data pedukuhan kosong, anaknya masuk di zona dua, padahal semestinya di zona satu. Mayasari pun ingin memasukkan 15 poin prestasi anaknya. 
 
"Kalau masuk zona dua jaraknya semakin jauh. Maunya anak dapat terbaik," kata dia. 
 
Mayasari mengaku kesulitan dalam proses teknis itu. Meski sistem daring, tak di semua data bisa diubah. Mayasari mengungkap, banyak orang tua yang mengalami masalah serupa.  
 
"Server juga sempat penuh nunggu semalaman tak bisa masuk. Besoknya saya klik tak bisa, setelah bisa klik isi datanya yang ngga bisa," ujarnya. 
 
Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Sri Wantini mengatakan orang tua yang mengalami kendala akan dibantu pihak sekolah atau dinas pendidikan. "Jika ada kesulitan pendaftaran mandiri secara online bisa minta bantuan ke kami atau sekolah," ucapnya. 
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif