Pelajar di Brebes, Jawa Tengah mengikuti kursus pembuatan film. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)
Pelajar di Brebes, Jawa Tengah mengikuti kursus pembuatan film. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi) (Kuntoro Tayubi)

Gawe Film Kuwe Gampang

pelajar
Kuntoro Tayubi • 18 Februari 2016 19:17
medcom.id, Brebes: Di Taman Edukasi Gandasuli, Brebes, Jawa Tengah, sebagian pelajar sedang berakting, sebagiannya lagi menata kamera. Sesekali terdengar teriakan action dan cut
 
"Membuat film itu butuh kesabaran tinggi. Jadi kadang adegan harus diulang berkali-kali jika aktingnya belum baik. Butuh kerja sama tim," ujar Aziz, siswa kelas XI SMK Cakra Nenggala yang ingin menekuni tata kamera.
 
Ratusan pelajar Brebes dari beberapa sekolah tengah mengikuti workshop film dan sinematografi bertajuk ‘Gawe Film Kuwe Gampang’. Kegiatan berlangsung selama lima hari sejak Rabu-Sabtu, 17-21 Februari 2016.
 
Workshop yang difasilitasi Dewan Kesenian Brebes ini, memberikan beberapa materi. Antara lain, sejarah film dan penyutradaraan, sinematografi, teknik artistik, dan jurnalisme film serta editing. Setelah dibagi dalam empat kelompok, mereka dilatih memproduksi film dokumenter dan film pendek.
 
Menurut Rizal Wimba, salah satu mentor mengatakan, workshop produksi film ini memberi dasar pengetahuan bagi siswa tentang produksi film pendek. "Sebagian materi produksi diberikan, untuk selanjutnya pelajar lebih serius lagi belajar seluk-beluk produksi film," kata Rizal.
 
Ketua Dewan Kesenian Brebes, Wijanarto mengatakan, saat ini popularitas sebuah stasiun televisi tidak bertumpu pada tayangan pemberitaan, infotainmen, dan film saja. Tetapi ada satu primadona yang kini mulai diperhitungkan, yakni film dokumenter.
 
“Untuk itu, setelah worskhop ini selesai, akan ditindaklanjuti dengan menggelar Festival Film Dokumenter Pelajar  Brebes dalam tahun ini, dengan tema mengangkat potensi daerah,” ungkapnya.
 

(SAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif