Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyandi
Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyandi (Syaikhul Hadi)

Pemda Sidoarjo Optimistis Investasi Naik 20% di 2018

investasi
Syaikhul Hadi • 26 September 2018 12:48
Sidoarjo: Pemerintahan Daerah Sidoarjo, Jawa Timur, optimistis nilai investasi di Sidoarjo di akhir tahun ini naik 20 persen jika dibandingkan dengan 2017 yang mencapai Rp17 triliun.
 
"Mudah-mudahan akhir tahun bisa meningkat 20 persen dibanding tahun lalu," ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sidoarjo Ari Suryono, Rabu, 26 September 2018.  
 
Per Juli 2018, Pertumbuhan investasi di Sidoarjo sudah mencapai Rp13,79 triliun. Jumlah itu meningkat sebesar Rp465 miliar ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya, yakni sebesar Rp13,2 triliun. Ari menyebut peningkatan investasi menjadi bukti Kabupaten Sidoarjo masih diminati investor dalam dan asing luar negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Investasi di Sidoarjo masih didominasi sektor perindustrian dan perdagangan. Tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja, investasi perusahaan dalam negeri lebih besar dari perusahaan asing.
 
"Untuk perusahaan lokal sepanjang 2018, nilai investasinya mencapai Rp13,5 triliun," kata dia.
 
Investasi perusahaan dalam negeri tahun lalu hanya sekitar Rp12,5 triliun. Dia mengakui perkembangan perusahaan domestik di Sidoarjo cukup berkembang secara signifikan.
 
Mereka berasal dari pelaku industri kecil yang menyebar di berbagai wilayah Sidoarjo. Misalnay di Buduran, Gedangan, Waru, dan Taman.
 
Berlakunya sistem Online Single Submission (OSS), atau sistem perizinan terpadu secara Nasional, mampu menumbuhkan investasi di Sidoarjo. Sistem yang berlaku sejak Agustus 2018 ini sudah melayani 17 pengajuan izin lokasi, lima izin lingkungan, dan 19 pengajuan IMB
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif