Gubernyr Jawa Timur saat berbincang dengan petani cabai. Medom.id/Syaikhul Hadi
Gubernyr Jawa Timur saat berbincang dengan petani cabai. Medom.id/Syaikhul Hadi (Syaikhul Hadi)

Bulog dan BUMD Harus Serap Cabai Petani

cabai
Syaikhul Hadi • 23 Mei 2019 08:31
Sidoarjo: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meminta Badan Urusan Logistik (Bulog) dan badan usaha milik daerah (BUMD) yang bergerak di pangan menyerap cabai milik petani di Indonesia. Pasokan cabai yang ada sudah melebihi kebutuhan dan menyebabkan harga jual mulai turun.
 
"Saat ini pasokan cabai di masyarakat sudah melebihi kebutuhan, sehingga harga cabai di masyarakat menurun menjadi Rp5.000 setiap kilogramnya," ungkap Andi Amran yang didampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah  Indar Parawansa disela pantauan dan operasi pasar di Pasar Porong Sidoarjo, Jatim, Rabu, 23 Mei 2019.
 
Ia mendorong Bulog bisa menyerap cabai dengan harga minimal Rp8.000 per kilogram. Di samping itu, Kementarian Pertanian mendorong bupati dan wali kota agar bisa memborong cabai dari para petani.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini sebagai upaya melindungi petani agar tidak merugi," katanya.
 
Harga beras saat ini mencapai Rp8.600 per kilogram. Perlu perlakuan sama agara harga stabil. Ia menyatakan pasokan harga kebutuhan pokok jelang lebaran tahun ini cukup stabil.
 
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan kebutuhan pokok di Jawa Timur masih terbilang stabil. Ia sempat mampir kesalahan satu pasar di Madiun yang menjadi titik pantauan BPS, secara umum harga bahan pokok masih dalam batas aman.
 
Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) setkor pangan perlu dilibatkan untuk mengendalikan harga di tingkat petani. BUMD Puspa Agro sebagai BUMD Pangan untuk membantu pemerintah.
 
Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar parawansa saat sidak lokasi Pasar Porong Baru.  Medocm.i/Syaikhul Hadi
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif