31 Polisi Cilik (Pocil) tampil di hadapan Ketua Bhayangkari Polda Jawa Timur Atik Luki Hermawan, Sabtu, 16 Maret 2019. Dok: Polres Lumajang.
31 Polisi Cilik (Pocil) tampil di hadapan Ketua Bhayangkari Polda Jawa Timur Atik Luki Hermawan, Sabtu, 16 Maret 2019. Dok: Polres Lumajang. (Deny Irwanto)

Pocil Lumajang Pikat Ketua Bhayangkari Polda Jawa Timur

polisi
Deny Irwanto • 16 Maret 2019 10:38
Lumajang: Polres Lumajang melakukan pelatihan terhadap 31 Polisi Cilik (Pocil) untuk tampil di hadapan Ketua Bhayangkari Polda Jawa Timur Atik Luki Hermawan. Di hadapan Atik, Pocil bentukan Polres Lumajang menampilkan formasi baris-berbaris yang telah dilatih. 
 
Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban mengatakan, sejumlah penonton yang hadir terkesima dengan penampilan yang diperlihatkan Pocil tesebut.
 
"Tujuan Pocil dibentuk adalah untuk membangun Karakter anak-anak sejak usia dini. Karakter yang dibangun adalah karakter kedisiplinannya, Karakter Etikanya dan Karakter Moralnya," kata Arsal di Lumajang, Jawa Timur, Sabtu, 16 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pocil Lumajang Pikat Ketua Bhayangkari Polda Jawa Timur
31 Polisi Cilik (Pocil) tampil di hadapan Ketua Bhayangkari Polda Jawa Timur Atik Luki Hermawan, Sabtu, 16 Maret 2019. Dok: Polres Lumajang.
 
Arsal menjelaskan, para Pocil sangat dituntut disiplin selama latihan beberapa waktu lalu. Selain baris-berbaris, mereka juga diajarkan kebersihan diri dan lingkungan.
 
Menurut Arsal, peran Polres Lumajang ini bisa ditiru oleh sejumlah polres lainnya yang ada di Indonesia. Dengan demikian, diyakini anak usia dini bisa lebih terarah dalam menentukan karakter pribadinya masing-masing.
 
"Polisi cilik ini akan menjadi Duta Kota Lumajang. Mereka juga menjadi duta Lalu Lintas, duta anti narkoba dan juga duta pariwisata. Pendidikan Polisi Cilik di Lumajang memang unik, karena karakter-karakter tersebut dilatihkan dalam kegiatan sehari-hari mereka," jelas Arsal.
 
Menurut Informasi yang dihimpun, seleksi Polisi Cilik diambil dari kelas tiga dan kelas empat Sekolah Dasar dengan prestasi ranking 1-10 di sekolah masing-masing. Awalnya proses seleksi dilakukan di sekolah masing-masing. Dari hasil seleksi di sekolah, terkumpul 200 anak untuk maju ketingkat Polres. dan di Polres Lumajang dilakukan lagi seleksi dengan sistem gugur selama satu bulan sehingga total saat ini diperoleh  satu pleton pocil yang berjumlah 31 orang yangg siap dilatih dan ditempa untuk ajang-ajang bergengsi kedepannya.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif