Tanah Longsor menutup akses jalan di jalur Malang-Lumajang. Foto: BPBD Lumajang
Tanah Longsor menutup akses jalan di jalur Malang-Lumajang. Foto: BPBD Lumajang (Daviq Umar Al Faruq)

Jalur Lumajang-Malang Putus Akibat Longsor

bencana longsor bencana banjir
Daviq Umar Al Faruq • 19 Maret 2019 21:33
Lumajang: Longsor terjadi jalur Lumajang-Malang via Ranupani, Watu tulis, Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa, 19 Maret 2019. Jalur Lumajang-Malang putus total.
 
Kabid Kesiapsiagaan, Kedaruratan dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. "Tanah longsor terjadi di satu titik karena cuaca di Ranupani hujan dari pagi hingga siang hari ini," katanya kepada Medcom.id, Selasa 19 Maret 2019.
 
Tanah longsor ini menutup akses jalan yang mengarah menuju Ranupani dari arah Lumajang. Penanganan tanah longsor dilakukan BPBD Lumajang sejak pukul 14.45 WIB. Namun, pembersihan material longsor sempat terkendala karena dilakukan manual.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Longsor terjadi sepanjang 20 meter, tinggi tiga meter dan lebar tujuh meter. Penanganan dan pembersihan longsoran baru menggunakan alat berat pada pulul 17.30 WIB.
 
Hingga malam hari ini, jalur Lumajang-Malang via Ranupani masih terputus dan belum bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.
 
"Dimohon pengendara agar menggunakan Jalur Selatan via piket nol atau Jalur Utara via Pasuruan apabila akan melakukan perjalanan ke Malang," tegasnya.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif